Wujudkan Transparansi Anggaran, Pemkam Bumi Dipasena Jaya Pampang Rincian APBKam 2018

Transparansi APBKam Bumi Dipasena Jaya tahun 2018 | Banner : Vickyko R.P.

Mewujudkan transparansi tata kelola anggaran APBKam 2018, Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Jaya memasang baliho ukuran 2×3 meter, berisi seputar APBKam Bumi Dipasena Jaya tahun 2018, terpampang secara rinci. Informasi mulai pendapatan total Kampung, Dana Kampung (DK), Alokasi Dana Kampung (ADK) dan total belanja Kampung, diterakan secara rinci, termasuk nilai nominal penggunaannya.

Rincian APBKam meliputi bidang penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan penyertaan modal kampung. Disebutkan dalam baliho, total anggaran belanja mencapai Rp. 1.750.517.427,- sesuai Peraturan Kampung Bumi Dipasena Jaya Nomor 3 Tahun 2018.

Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya, Nafian Faiz mengatakan, pemasangan baliho APBKam dirujuk dari Permendagri Nomor 114 tahun 2014, tentang pedoman pembangunan desa. Ia menambahkan, dalam penyusunan APBKam kami juga melibatkan masyarakat. Mulai dari Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Karang Taruna, PKK, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kampung (LPMK). “Supaya masyarakat juga tahu tahapan teknisnya mulai RAB, Pengajuan, Pelaksanaan sampai tahap pencairan,” urainya.

Pemasangan baliho, dan pemberitaan di media online, media sosial sebagai wujud transparansi anggara Kampung | Foto : Vickyko R.P.

Untuk diketahui, pendapatan total Kampung Bumi Dipasena Jaya tahun 2018 disebutkan mencapai Rp. 1.750.517.427,- dengan rincian, pendapatan asli kampung Rp 183.500.000,-, Dana Kampung Rp. 707.177.427,-, Alokasi Dana Kampung Rp. 853.840.000,- , dan Bantuan Provinsi Rp. 6.000.000,-

Dengan begitu, diharapkan Nafian, selain menyemarakkan budaya transparansi, partisipasi aktif masyarakat juga dirasa penting dalam membangun desa lebih baik.

Vickyko Romana P. Kepala Urusan Keuangan menyampaikan pula, “Rencana ada 2 titik lagi yang akan kami pasang baliho rincian ini. Yaitu di wilayah Alpha dan wilayah Jembatan Jaya Mandiri 61. Sementara ini sudah terpasang di depan Sekretariat Kampung Bumi Dipasena Jaya. Kami juga membuat infografis untuk dipublikasikan melalui media sosial agar lebih mudah dibaca oleh khalayak,” tandasnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan