Wow Keren, Warna-Warni Jembatan di Bumi Dipasena Jaya Bikin Betah

Warna-warni Jembatan yang ada di Kampung Bui Dipasen Jaya memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai dan lainnya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki dan atau kendaraan di atas halangan. Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Begitu juga di Kampung Bumi Dipasena Jaya, jembatan merupakan infrastruktur yang cukup vital dimana keberadaan jembatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena wilayah geografis Kampung Bumi Dipasena Jaya adalah wilayah rawa perairan. Dimana kita harus melintasi jembatan untuk dapat menuju tempat yang akan kita tuju.

Wilayah Bumi Dipasena tampak dari atas langit, terlihat hamparan perairan yang hanya dapat diseberangi menggunakan jembatan | Foto : Drone

Dari gambar diatas sudah terlihat bagaimana kondisi wilayah Kampung Bumi Dipasena Jaya, hampir disetiap ruas jalan dan perumahan akan ada juga ruas jalur air yang disebut dengan Kanal. Kanal adalah saluran air yang bisa dikatakan merupakan sungai buatan yang digunkan oleh masyarakat Bumi Dipasena untuk sarana budidaya Udang. Kanal ini juga bersingungan dengan aliran dari dua sungai yakni Sungai Tulang Bawang dan Sungai Mesuji yang memiliki periode pasang surut setiap harinya. Kanal inidigunakan juga sebagai sarana transportasi air bagi bagi masyarakat Bumi Dipasena Jaya. Dan kanal ini juga lah yang menjadi salah satu penghalang bagi transportasi darat yang akan melintas.

Dengan adanya jembatan, maka dapat mempermudah bagai masyarakat pengguna transportasi darat. Di wilayah Bumi Dipasena Jaya sendiri ada beberapa bangunan jembatan yang tersebar di setiap wilayah RW dan RT. Untuk wilayah RT biasanya terdapat 1 buah jembatan bahkan 2 dalm setiap RT. Dimana jumlah RT yang ada di Bumi Dipasena Jaya adalah 63 RT. Jadi sudah sekitar 100 lebih jembatan yang ada di wilayah RT.

Selain itu ada juga jembatan RW, dimana jembatan ini merupakan jembatan penghubung wilayah pemukiman kepusat perkampungan. Tercatat ada sebanyak 17 buah jembatan penghubung dari mulai RW 01 sampai dengan RW 13 di Kampung Bumi Dipasena Jaya. Nah, yang uniknya lagi jembatan tersebut oleh warga RW setempat dicat dengan beraneka warna. Dimana hal tersebut menjadi hal yang unik dan membuat mata orang yang melintasi jalan dan melihat jembatan akan keheranan. Dan berikut beberapa hasil dokumentasi tim bumidipasenajaya.desa.id mengabadikan jembatan yang berwarna warni yang ada di Bumi Dipasena Jaya.

Jembatan warna Kuning di RW 07 (7 Alpha) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Coklat di RW 01 (6 Alpha) | Foto : Vickyko R.P.

 

Jembatan warna Pink di RW 02 (6 Bravo) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Hujau Muda di RW 10 (7 Delta) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Biru Muda di RW 02 (6 Bravo) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Ungu di RW 02 (6 Bravo) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Hijau di RW 03 (6 Charlie) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Merah Hati di RW 04 (6 Delta) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Putih di RW 06 (6 Foxtrot) | Foto : Vickyko R.P.
Jembatan warna Hijau Tua di RW 11 (7 Echo) | Foto : Vickyko R.P.

 

Menanggapi hal tersebut, salah satu warga Bumi Dipasena Jaya dari RW 07, Adam Subagiyo menyampaikan,”Saya selalu tersenyum seketika jika melintasi jalan dan melihat jembatan di Kampung kita warnanya macem-macem, unyu-unyu. Tapi inilah keunikannya, bahkan ini bisa jadi bahan obrolan dan jadi kenangan tersendiri juga bagi penduduk sekitar ataupun bagi yang pernah melintasinya. Kalau saya malah pingin jembatannya di cat item,” tambahnya sambil tertawa.

Nah, jadi gimana nih? Unik kan? Hal yang sederhana seperti ini bisa menjadi sebuah keunikan tersendiri. Dan bagi saudara-saudara yang mungkin tinggal, pernah tingggal, atau yang sedang merantau dan berada di luar lokasi Bumi Dipasena Jaya pastinya akan selau merindukan Kampung Bumi Dipasena Jaya tercinta ini walaupun Kampung kita jauh berada di pesisir Tulang Bawang, Lampung. Maka dari itu, mari kita jaga bersama keindahan Kampung kita agar selalu menjadi kenangan terindah. Salam Bumi Dipasena Jaya…!

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan