Warga RW 03 Gotong Royong, Timbun Jebolan Kanal Inlet

Tertunda, pembangunan ja | Foto : Vickyko R.P.

Warga RW 03 Kampung Bumi Dipasena Jaya tepatnya RT 13 dan 14 bergotong royong memperbaiki saluran air yang jebol, Minggu (01/07) . Saluran air tersebut adalah saluran air masuk (inlet) yang jebol ke saluran air keluar (outlet). Gotong royong ini dilakukan setelah adanya laporan dari salah satu warga yang melaporkan jebolnya saluran air tersebut, Sabtu (30/06).

Hal ini langsung mendapatkan perhatian dari Ketua RT setempat, dan langsung ditangani bersama warga. Beta Iskandar, Ketua RT 13 mengatakan bahwa ia bersama warganya langsung bergerak cepat tangani jebolan ini. “Gak pake lama kalau sudah masalah inlet jebol. Selain bisa mempengaruhi kualitas air untuk budidaya udang, nantinya bisa menghambat transportasi juga. Karena ada jalan diatas jebolan kanal ini mas”, kata pak RT.

Proses penimbunan jebolan menggunakan tanah yang dimasukkan ke dalam karung | Foto : Vickyko R.P.

Penanggulangan jebolan ini dilakukan dengan memberi pancang menggunakan kayu sebagai penyangga dan penahan air. Setelah itu ditimbun dengan tanah yang telah dimasukkan kedalam karung. Ini dirasa akan lebih kuat ketimbang hanya ditimbun tanah langsung.

Hujan deras beberapa minggu terakhir di wilayah Bumi Dipasena dirasa menjadi salah satu faktor terjadinya pengikisan tanah dan jebolnya inlet tersebut. Selain itu saluran air dari laut yang melalui pintu DAM yang pada beberapa waktu lalu telah diperbaiki fungsinya yang sudah diperbaiki juga dirasa menyebabkan tekanan air yang tinggi sehingga mendorong pembatas antara inlet dan outlet dan menyebabkan saluran air tersebut jebol.

Kondisi jebolan yang dilintasi jalan cor RW 03 | Foto : Vickyko R.P.

Yang mengherankan diatas jebolan saluran air ini terdapat jalan cor semen yang tetap kokoh. Jalan tersebut tidak mengalami patah ataupun retakan walaupun tanah dibawah jalan tersebut sudah tidak ada karena terbawa arus air. Namun sementara waktu ini jalan tersebut belum boleh dilewati sampai dengan selesainya prbaikan jebolan.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan