Waktu Luang, Ini Yang Dilakukan Ibu-Ibu di RW 09

Kegiatan sore para ibu di Kampung Bumi Dipasena Jaya : Foto : Vickyko R.P.

Perkumpulan ibu-ibu kerap dikaitkan dengan hal yang negataif, dan yang paling sering kita tahu adalah ngerumpi.  Para ibu memang kerap disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga yang tiada hentinya di setiap hari. Mulai dari mengurus suami, anak, memasak mencuci dan banyak lagi. Dan tidak jarang pula para ibu tidak mempunyai banyak waktu diluar rumah. Sekalipun ada waktu luang biasanya digunakan para ibu untuk sekedar istirahat atau berkumpul dengan sesama ibu untuk berbincang sampai dengan ngrumpi.

Ya, ngrumpi adalah salah satu hal yang selalu kita kaitkan dengan ibu-ibu, dimana hal tersebut memiliki konotasi yang kurang baik. Namun hal dapat ditangkis oleh perkumpulan ibu-ibu yang ada di Kampung Bumi Dipasena Jaya. Ibu-ibu di RW 09 yang ada di blok 07 Charlie Bumi Dipasena Jaya ini mengisi waktu luang mereka dengan melakukan senam. Mulai dari senam jasmani, senam ceria, senam BMW milik Bupati Tulang Bawang sampai dengan senam lansia.

Peralatan yang digunakan untuk kegiatan senam sore para ibu | Foto : Vickyko R.P.

Para ibu melakukan senam di gedung Usaha Bersama (UB) milik RW 09. Dengan menggunakan peralatan seadanya ibu-ibu dengan ceria dan bersemangat mengikuti kegiatan senam ini. Hanya dengan menggunakan pengeras suara kecil dan perangkat android, para ibu mulai melakukan peragaan senam sambil melihat intruksi yang terpampang di layar android.

“Kita melakukan senam ini setiap Minggu sore dan Kamis sore, mencari waklu yang luang. Dari pada kumpul-kumpul atau santai santai mending kita senam. Sehatnya dapet, kebersamaan dan silaturahminya juga dapet. Karena sehat itu mahal, nah dengan kegiatan ini insyaaalah bisa untuk menyehatkan badan kita, murah meriah lagi,” ungkap Rohayati penggagas kegiatan ini. Minggu (18/02)

Para ibu di RW 09 ini juga rutin mengikuti senam yang diadakan di Pendopo Kampung setiap Selasa dan Jum’at pagi bersama dengan para ibu dari wilayah RW lainnya di Bumi Dipasena Jaya. Selain itu para ibu di Bumi Dipasena Jaya pada umumnya juga rutin mengikuti pengajian mingguan yang dilakukan di masjid. Para ibu ingin memberikan percontohan kepada yang muda untuk selalu melakukan hal yang positif. Karena ibu selaku orang tua di rumah adalah guru bagi anak-anaknya.

Semangat para ibu melakukan senam | Foto : Vickyko R.P.

Ketua Badan Permusyawaratan Kampung, Totok Sugiarto juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ibu-ibu ini dimana Totok juga merupakan warga RW 09 dan istrinya pun ikut dalam kegiatan senam sore ini. Ia bahkan menyalurkan listrik dari mesin miliknya untuk digunakan ibu-ibu menghidupkan pengeras suara karena listrik PLN belum ada di Bumi Dipasena Jaya. “Nek ngene iki aku yo ndukung banget, timbang ngerumi kan mending senam, golek keringet lah sehat,” kata Totok menggunakan bahasa Jawa

Harapannya dengan kegiatan seperti ini, para orang tua terutama para ibu yang ada di Bumi Dipasena Jaya bisa ikut serta meramaikan bahkan memajukan kampung. Mereka juga yang menciptakan suasana nyaman untuk tinggal di lingkungannya dan yang paling berharga adalah kebersamaan, guyub dan silaturahmi bersama tetangga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan