Waduh, Jembatan Penghubung Ambruk dan Hanyut Terbawa Enceng Gondok

Jembatan ambruk dan hanyut diterjang enceng gondok yang terbawa arus | Foto : Serman

Warga Kampung Bumi Dipasena Agung, Kecamatan Rawajitu Timur direpotkan karena mereka tidak bisa menyeberang dari wilayah jalur pemukiman menuju infra. Hal ini disebabkan sejumlah enceng gondok yang menyerupai pulau terapung menyambar badan jembatan sehinga terbawa arus sampai sejauh kurang lebih 1 kilometer.

Berdasarkan keterangan yang didapat, jembatan yang terseret arus dan dibawa sekumpulan enceng gondok ini berada di wilayah RW 012 , Subblok 05 Foxtrot Jalur 55 Kampung Bumi Dipasena Agung. Hanyutnya jembatan ini terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Rabu (02/04) pagi.

Salah satu tumbuhan liar yang hidup di air ini memang banyak ditemui diwilayah perairan Rawajitu Timur. Terlebih saat curah hujan tinggi, pertumbuhan enceng gondok akan semakin cepat. Alhasil kumpulan enceng gondok yang mengapung di air ini terbawa arus pasang surut dan masuk ke kanal-kanal yang ada di Bumi Dipasena.

Proses evakuasi jembatan oleh warga | Foto : Suhariyadi

Apabila dikanal tersebut terdapat penghalang jalannya enceng gondok yang terbawa arus, enceng gondok tersebut sudah pasti akan tersangkut.Tak heran jika di beberapa titik enceng gondok ini menemukan tempat pelabuhannya, bahkan sampai permanen.

Jembatan yang hanyut terbawa oleh enceg gondok telah dievakuasi oleh warga dengan bergotong royong. Dimana sebelumnya jembatan tersebut hanyut dan tersangkut pada jembatan penyeberangan berikutnya yang berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi awal. Warga mengikat badan jembatan yang terbuat dari besi dengan pelampung agar dapat mengapung dan dibawa menggunakan kendaraan air.

“Walau tak memakan korban jiwa, kerugian dari kejadian tersebut berkisar belasan bahkan puluhan juta rupiah”, kata Serman warga Kampung Bumi Dipasena Agung yang sedang mendokumentasikan kejadian ini menggunakan kamera handphone nya.

Enceng gondok juga sebabkan terhambatnya transportasi air | Foto : Vickyko R.P.

Selain berdampak pada infrastruktur perairan, enceng gondok seringkali menghambat laju transportasi air. Mesin Speedboat sering kali macet karena kipas tersangkut enceng gondok yang ada dalam air dan tidak nampak pada permukaan.

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Jejali Permukaan Kanal, Enceng Gondok Diangkat ke Darat – Kampung Bumi Dipasena Jaya

Tinggalkan Balasan