Sikapi Laporan Coklit, PPK Rawajitu Timur Gelar Rakor

Suasana rakor laporan hasil coklit data pemilih pada Pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur Lampung di Sekretariat PPK Rawajitu Timur | Foto : Vickyko R.P.

Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018 terus berjalan menuju hari puncak. Demi terselenggaranya pilkada yang jujur, adil dan mandiri, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rawajitu Timur mengadakan kegiatan rapat koordinasi, Kamis (15/2).

Bertempat di Sekretariat PPK Rawajitu Timur, rakor digelar membahas laporan hasil coklit pendataan mata pilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018. Dengan dihadiri Komisioner KPUD Kabupaten Tulang Bawang, para staff, Anggota PPK , PPS dan Operator, kegiatan ini diharapkan dapat mematangkan pola penanganan dalam pendataan mata pilih agar bisa lebih valid supaya tidak terjadi kekeliruan yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Feri Yanto, S.E. selaku Komisioner KPUD Kabupaten Tulang Bawang saat sambutan Rakor PPK Rawajitu Timur | Foto : Vickyko R.P.

Komisioner KPUD Kabupaten Tulang Bawang, Ferianto mengungkapkan, PPK, PPS dan PPDP harus bersinergi dalam pendataan mata pilih dan secara bertahap membuat laporan hasil coklit yang masuk. “Kami bersama rombongan akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait input data mata pilih pada format yang telah disediakan oleh KPU”, ujarnya.

Feri Yanto juga menambahkan, kegiatan ini akan berkelanjutan sampai para operator PPS dan juga Operator Kecamatan benar-benar matang dan mampu memproses, menelaah, dan melaporkan data yang diminta oleh KPU pusat.

Destika selaku Operator KPU Kabupaten Tulang Bawang saat memberikan pengarahan pada Operator PPS | Foto : Vickyko R.P.

Selain dari pada itu, Destika selaku Operator KPUD Kabupaten Tulang Bawang juga berharap pada Operator wilayah khususnya Operator PPS untuk bisa melakukan input dengan baik dan benar sesuai dengan format yang telah diberikan. Selain itu ketepatan waktu dalam pengiriman laporan juga sangat diharapkan oleh KPU pusat yang nantinya akan segera diolah pada tahapan selanjutnya menjadi Data Pemilih Sementara.

Suasana Evaluasi dan pengarahan oleh Komisioner KPUD dan Operator KPUD Tulang Bawang | Foto : Vickyko R.P.

Setelah melakukan perbincangan mengenai data mata pilih, Operator diminta untuk menunjukkan hasil input data pemilih kepada Komisioner KPU dimana akan dilakukan evaluasi dan pengarahan terkait format input data. Tak sedikit data yang masih mengalami kekeliruan seperti misalnya pengisian kode keterangan mata pilih. Namun hal tersebut segera diatasi oleh operator setelah mendapat penjelasan dan pengarahan dari Operator Kabupaten. Dengan demikian diharapkan dapat meminimalisir kesalahan data laporan yang akan di kirim ke pusat.