Segala Urusan Administrasi Kampung GRATIS, Jika…

Warga Mengurus Administrasi di Sekretariat kampung Bumi Dipasena Jaya

Administrasi Kampung adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Kampung pada buku Administrasi Kampung. Administrasi Kampung ditetapkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri akan tetapi teknis pelaksanaan dan pembinaan operasionalnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Berdasar kepada diundangkannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa juga Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri 32 Tahun 2006.

Untuk meningkatkan manajemen Pemerintahan Kampung perlu dilakukan penataan administrasi  agar lebih efektif dan efisien. Penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Kampung. Maka perlu dilakukan langkah penyempurnaan terhadap pelaksanaan administrasi. Ada beberapa pengertian lain terkait Administrasi yakni ;

  • Administrasi Umum adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan Pemerintahan Kapung pada Buku Administrasi Umum di Kampung
  • Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk di Kampung
  • Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan Keuangan Kampung pada Buku Adminitrasi Keuangan di Kampung
  • Administrasi Pembangunan  adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan pada Buku Administrasi Pembangunan  di Kampung.
Gambar Ilustrasi Arsip Administrasi di Kampung

Dalam hal ini Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Jaya memberikan kemudahan dalam pengurusan administrasi, surat-menyurat untuk warga Kampung Bumi Dipasena Jaya yakni administrasi gratis. Hal ini adalah bentuk nyata dari pelayanan masyarakat tanpa pungutan liar (pungli). Administrasi gratis ini telah dilakukan selama jabatan Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya diduduki oleh Nafian Faiz yang dijuluki Juragan. Namun masyarakat tidak serta-merta dapat meminta pelayanan administratif ini secara gratis. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pelayanan administrasi gratis ini.

Apa sih syaratnya?

Setiap warga yang ingin melakukan keperluan administratif di Sekretariat Kampung Bumi Dipasena Jaya seperti permintaan Surat Keterangan, Surat Pengantar dan lainnya, warga harus dan diwajibkan untuk memberikan bukti lunas setoran Pajak Bumi dan Bangunan  (PBB) di tahun berjalan. Hal ini telah diputuskan dalam Peraturan Kampung Bumi Dipasena Jaya Nomor 06 Tahun 2016 tentang Bebas Biaya Administrasi Bagi Warga Lunas Pajak Bumi dan Bangunan.

Bukti Lunas PBB Yang Sudah Distempel Lunas Oleh Petugas Pemungut Pajak

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Bagaimana jika yang bersangkutan belum mebayar PBB?

Jika ada warga yang hendak melakukan keperluan administratif  namun tidak atau belum membayar PBB tidak akan ditolak kok, yang bersangkutan akan langsung dibebankan biaya senilai dengan jumlah PBB yang harus dibayarkan. Uang ini akan langsung dibayarkan sebagai pelunasan PBB warga yang bersangkutan tadi loh, bukan untuk Administrator yang melayani keperluan administratif masyarakat. Jadi otomatis yang belum membayar PBB langsung lunas deh, dan tidak perlu khawatir bayar lagi jika mau melakukan urusan administrasi dikemudian hari, karena pastinya pelayanannya gratis.

Jadi ketika sudah membayar PBB, jangan lupa untuk disimpan bukti pembayaran PBB tersebut untuk nantinya dipergunakan sebagai bukti lunas PBB ketika hendak melakukan keperluan administrasi. Bahkan keperluan administrasi di tingkat Kecamatan juga diperlukan menunjukkan bukti lunas PBB tersebut. Jika bukti lunas PBB hilang, silahkan datang ke Sekretariat Kampung untuk diberikan surat keterangan lunas PBB.

Kenapa harus bayar PBB?

Pajak menjadi penerimaan negara terbesar yang digunakan negara untuk membangun seluruh daerah atau wilayah yang ada di Indonesia. Untuk itu diperlukan partisipasi warga negara dengan patuh membayar pajak. Karena dengan kita membayar pajak, tanpa kita sadari kita telah berpartisipasi dalam membangun negeri kita ini. Maka dari itu setiap Warga Negara Indonesia wajib untuk membayar pajak.

Jadi jelas ya, tujuan Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Jaya melaksanakan hal ini supaya kontribusi pajak dari setiap warga kampung bisa terealisasi dengan baik. Jika semua telah melunasi PBB, maka silahkan untuk melakukan urusan administrasi di Sekretariat Kampung Bumi Dipasena Jaya. Adapun surat administrasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kampung adalah :

  1. Surat Keterangan Domisili
  2. Surat Keterangan Penduduk Sementara
  3. Surat Keterangan Listrik
  4. Surat Keterangan Penghasilan
  5. Surat Keterangan Jalan
  6. Surat Keterangan Belum Menikah
  7. Surat Keterangan Janda/Duda
  8. Surat Keterangan Tidak Mampu
  9. Surat Keterangan Usaha
  10. Surat Pengantar Rekam e-KTP
  11. Surat Permohonan SKCK
  12. Surat Permohonan KK
  13. Surat Permohonan Akte Kelahiran
  14. Surat Rekomendasi Nikah
  15. NA Nikah
  16. Pengantar Surat Pindah
  17. dan lainnya yang berstempel Pemerintah Kampung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan