Satukan Data, Ketua RW Rakor Administrasi Kependudukan

Suasana Rapat Koordinasi Administrasi Kependudukan Kampung Bumi Dipasena Jaya

Bumi Dipasena Jaya (22/12/2017) Data adalah sebuaah keniscayaan, begitupun  juga bagi pemerintahan Kampung. Data kependudukan yang akurat menjadi sebuah keharusan dalam rangka menghadirkan tata kelola Pemerintahan Kampung  yang bersih, benar dan baik. Dalam rangka pembaharuan data kependudukan dan untuk menyatukan presepsi menghadapi tahun anggaran 2018, Pemerintahan Kampung Bumi Dipasena Jaya mengadakan rapat koordinasi dengan mengundang seluruh Ketua RW di Kampung Bumi Dipasena Jaya.

Dari 13 orang  ketua RW yang diundang rapat, hadir 11 orang Ketua RW. Pembahasan pentingnya adalah permasalahan validitas data kependudukan. Ketua RW diminta berperan aktif untuk membantu mengumpulkan  data kependudukan yang dikumpulkan melalui ketua RT. Data yang valid, apa adanya dan bukan asal -asalan.

Data penduduk yang ada saat ini dirasa perlu segera dilakukan perbaikan. Agar tidak terjadi lagi kesimpang siuran turunannya data, mulai dari data mata pilih, bantuan kesehatan masyarakat sampai dengan bantuan masyarakat miskin. Kita mendapatkan beberapa keluhan dari masyarakat  perihal kurang tepatnya sasaran bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat. Hal ini disinyalir akibat salah data yang didapatkan dari hasil sensus.

Ilustrasi : Kini arsip data tidak melulu menggunakan cetakan, karena input data administrasi Kampung bisa dilakukan menggunakan aplikasi SIDEKA

Dalam rapat koordinasi tersebut disepakati untuk segera mengumpulkan data kependudukan berupa fotokopi Kartu Keluarga (KK). Nantinya Ketua RT dan Ketua RW akan memiliki arsip terbaru dari data kependudukan di wilayahnya. Selain itu data tersebut akan disetorkan kepada Pemerintah Kampung yang akan dimasukkan dalam aplikasi kependudukan yang disebut SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan).

Ilustrasi : Aplikasi Sideka mempermudah pelayanan administrasi kampung

Adiana Saputra Kaur Umum Kampung Bumi Dipasena Jaya menyampaikan, “Pengumpulan data kependudukan ini sangat penting, nantinya akan memudahkan dalam urusan administrasi kependudukan. Kedepan adminstrasi pemerintah kampung BumI Dipasena Jaya akan segera menggunakan aplikasi Sideka, warga masyarakat  yang datanya telah dimasukkan dalam database akan lebih mudah dalam mengurus surat -surat menyurat dan layanan Administrasi lainnya, dengan melakukan sekali klik pada sistem yang ada, maka dengan mudah menghadirkan layanan yang dibutuhkan masyarakat,kerja lebih efektif dan lebih efisien”. “Selain itu update data kependudukan ini akan ditampilkan secara otomatis di situs resmi Kampung  Bumi Dipasena Jaya http://bumidipasenajaya.desa.id/“, tambah Vickyko R.P. Operator Kampung.

Ilustrasi : Aplikasi SIDEKA juga terintegrasi secara otomatis dengan website milik Kampung

Pengumpulan data terbaru ini akan mulai dilaksanakan esok hari 23/12/2017 sampai dengan batas waktu akhir bulan Januari 2018. Harapannya di tahun 2018 data kependudukan yang ada di Kampung Bumi Dipasena Jaya adalah yang terbaru dan benar.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan