Realisasi Dana Kampung, Pemkam Bumi Dipasena Jaya Rehabilitasi Tepi Kanal yang Terdampak Abrasi

Rehabilitasi tepi kanal Bumi Dipasena Jaya yang terdampak abrasi | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Jaya lakukan rehabilitasi terhadap tepi kanal yang terdampak abrasi. Kegiatan ini masuk anggaran kampung tahun 2019 dalam bidang pelaksanaan pembangunan. Kegiatan ini dianggap prioritas berdasarkan Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbang) tahun 2019 pada akhir 2018 lalu. Dengan menggunakan alat berat excavator, tepi kanal mulai digarap Agustus 2019 ini.

Tepi kanal yang ada di Kampung Bumi Dipasena Jaya memang sudah banyak yang mengalami abrasi. Menengok 10 tahun kebelakang tepi kanal di Bumi Dipasena Jaya dilapisi turap beton yang kokoh. Namun dewasa ini, beton tersebut sudah runtuh dan tanah yang ada mengalami abrasi. Salah satu penyebab abrasi yang terjadi ini adalah ombak transportasi air yang melintas di kanal.

Tepian kanal yang mengalami abrasi ditimbun supaya tidak mengalami abrasi yang lebih parah| Foto : Vickyko R.P.

Meminimalisir bahaya abrasi, akhirnya Pemkam Bumi Dipasena Jaya lakukan rehabilitasi. Dalam 2 tahun terakhir, Pemkam Bumi Dipasena Jaya menyewa alat berat milik organisasi Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Lampung untuk melakukan kegiatan ini. Dengan difasilitasi alat berat oleh divisi alat berat P3UW Lampung, kegiatan pembangunan rehabilitasi kanal dapat berjalan dengan baik.

Adiana S. selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) mengatakan bahwa pengerjaan rehab kanal ini cukup berat. “Medan yang sulit dan kerusakan alat jadi kendala pengerjaan kanal kita yag terkena abrasi. Namun demikian, Pemkam dibantu dengan masyarakat dan penggiat lingkungan terus berupaya untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak. Dan kabar baiknya, Dinas PU dari pusat sudah turun ke lokasi untuk juga merehabilitasi kanal yang ada di Bumi Dipasena Jaya, ungkapnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan