Ratusan Petambak Bumi Dipasena Jaya Ikuti Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan

SERTIFIKASI PETAMBAK BUMI DIPASENA JAYA

Tim LSP-LP dan P3UW Lampung adakan Sertifikasi Petambak Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Jika selama ini petambak belum pernah mengikuti sertifikasi profesi, kini Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan (LSP-KP) akan melaksanakan sertifikasi profesi pembudidaya udang kepada petambak di Bumi Dipasena Jaya, Tulang Bawang. Sebagai langkah awal, LSP-KP bekerja sama dengan Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Lampung menggelar sosialisasi sertifikasi profesi kelautan perikanan di Pendopo Kampung Bumi Dipasena Jaya.

Pada kesempatan itu, Ketua rombongan yang datang ke Bumi Dipasena Jaya Dr. Endang Suhaedy A.Pi, MM, M.Si mengatakan sertifikasi mutlak diikuti pembudidaya udang di Bumi Dipasena Jaya karena negara membutuhkan tenaga-tenaga yang kredibel. Sertifikasi ini juga sangat penting untuk memastikan bahwa orang-orang yang melakukan budidaya udang ini memenuhi standar kompetensi sesuai bidangnya.

SERTIFIKASI PETAMBAK BUMI DIPASENA JAYA

Tim Sertifikasi Petambak Bumi Dipasena Jaya berswafoto di monumen kampung | Foto : Vickyko R.P.

Ia juga menyampaikan berbagai landasan hukum terkait pentingnya sertifikasi profesi kelautan perikanan. “Dengan adanya sosialiasi ini kita harapkan masing-masing pembudidaya udang di Bumi Dipasena Jaya mempunyai kompetensi yang diakui negara. Dan sertifikasi ini dapat dipergunakan di 8 negara Asean,” jelasnya, Kamis (18/07/2019) pagi di Pendopo Kampung.

Sementara itu, Hermintono salah satu peserta sertifikasi mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan petambak bahwa apapun profesi yang dilakukan harus memiliki sertifikasi sesuai bidangnya. “Kerja sama LSP-KP dengan P3UW Lampung ini diapresiasi para petambak. Sebanyak 202 petambak khususnya di Bumi Dipasena Jaya telah ikuti sertifikasi tersebut”, ungkapnya. “Kami melihat peluang ini lebih pada para petambak muda yang mungkin saja diwaktu depan pergi ke tempat lain. Nantinya sertifikat ini dapat digunakan sesuai bidangnya jika ingin mencari kerja diluar Bumi Dipasena, tambahnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan