Ratusan Aparatur Kampung Ikuti Penyuluhan Hukum Terpadu

Kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu untuk mewujudkan masyarakat sadar hukum | Foto : Vickyko R.P.

Ratusan Aparatur Kampung dari Kecamatan Rawajitu Timur dan Rawajitu Selatan memenuhi aula Kantor Kampung Gedung Karya Jitu, Rabu (04/04). Mereka sengaja dihadirkan untuk mendapatkan Penyuluhan Hukum Terpadu yang dilaksanakan Bagian Hukum Setda Kabupaten Tulang Bawang. Sebagai pemateri dihadirkan, dari Polres Tulang Bawang, Kejaksaan Negeri Tulang Bawang, Badan Pertanahan Tulang Bawang dan juga dari Pengadilan Agama Tulang Bawang. Kegiatan ini diikuti ratusan aparatur kampung yang berasal dari unsur pemerintahan kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, TP PKK dan gerakan pemuda kampung.

Latar belakang penyuluhan ini sendiri diantaranya karena masih maraknya pelanggaran di kalangan masyarakat. Dalam sambutannya Camat Rawajitu Timur, Amad, M.Pd. mengatakan, penyuluhan hukum merupakan salah satu kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyuluhan Hukum sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat serta aparatur, dibidang hukum.

Suasana kegiatan penyuluhan hukum terpadu oleh Bagian Hukum Setda Kab. Tulang Bawang | Foto : Vickyko R.P.

“Dengan cepatnya perkembangan sosial politik ekonomi dan teknologi saat ini, sangat penting untuk membangun kesadaran hukum masyarakat, agar memahami hukum yang berlaku. Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang sudah seyogyanya memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hukum melalui Kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu yang bekerja sama dengan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini” ungkap Camat Rawajitu Timur.

Selain itu juga Camat Rawajitu Timur juga berharap agar para peserta dapat mengikuti dan menyimak seluruh materi kegiatan ini agar dapat bermanfaat. Selain itu, agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga dapat mendukung hukum masyarakat dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Anuari, SH, MH Kabag Hukum Setda Kab. Tulang Bawang menyampaikan uraian materi tentang hukum | Foto : Vickyko R.P.

Kabag Hukum Setda Kabupaten Tulang Bawang, Anuari, SH, MH. mengatakan, penyuluhan hukum terpadu untuk aparatur kampung ini sudah beberapa kali dilaksanakan untuk tahun anggaran 2018 dan akan berlanjut di kecamatan lainnya. “Dalam hal ini yang materi yang disampaikan ada beberapa hal, yakni mengenai tipidkor, korupsi, pertanahan dan pernikahan. Hal tersebut akan disampaikan oleh pihak terkait dalam sesi penampaian materi,” katanya.

Kegiatan berlangsung mulali pukul 11.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Para peserta antusias mengikuti materi yang diberikan oleh beberapa narasumber yang ada. Peserta juga diberikan hardcopy materi untuk dapat memahami lebih jelas yang disampaikan oleh narasumber. Dipenghujung kegiatan, peserta penyuluhan juga diberikan kesempatan untuk bertanya pada para pemateri disesi tanya jawab.

Dengan penyuluhan hukum terpadu ini maka diharapkan bisa memberikan tambahan wawasan pengetahuan hukum pada peserta yang hadir. “Saya harap para peserta dapat memberikan wawasan hukum ini kepada khalayak. Dan juga mampu mengimplementasikannya di kehidupan bermasyarakat”, tutup Anuari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan