Rancangan Kerja dan Inovasi Desa, Langkah Awal Menuju 2018

Rapat Pembahasan Inovasi Desa, RKP dan APKAM 2018

Rawajitu Timur (19/12/17) Pemerintah Kecamatan Rawajitu Timur (RJT) menyelenggarakan rapat koordinasi dengan agenda pembahasan Program Inovasi Desa, (PID), penyusunan RKP dan APBKam tahun anggaran 2018. Bertempat di aula Kecamatan dimana dihadiri oleh Camat beserta jajaran, Kepala Kampung dan perangkat, TPID, BPK, PKK, dan Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia (PPNI) Kecamatan Rawajitu Timur.

Dalam sambutannya, Amad, M.Pd Camat Rawajitu Timur menyampaikan, “Berkenaan Anggaran Dana Desa (DD) di tahun 2018, secara komulatif se Kecamatan RJT ada kenaikan. Namun bukan berarti seluruh kampung mendapat kenaikan pemerimaan DD, justru ada kampung yang mengalami penurunan, seperti Kampung Bumi Dipasena Jaya, Bumi Dipasena Sejahtera dan Bumi Dipasena Abadi. Kampung Bumi Dipasena Jaya ada penurunan dari tahun sebelumnya sampai dengan Rp 70 juta”. Hal ini disinyalir karena Kampung Bumi Dipasena Jaya dianggap sebagai kampung berkembang, walaupun kepastian akan hal ini belum bisa dijelaskan secara pasti oleh pihak yang terkait.

Sambutan Camat Rawajitu Timur Amad, M.Pd.

Nafian Faiz Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya yang sering disapa Juragan menaggapi hal tersebut, “Selama ini kami transparan dengan anggaran kampung, segala uang yang masuk akan kami masukkan dalam APBKam dan ditransfer ke rekening kampung. Bahkan swadaya masyarakat pun kami masukkan. Karena kami memahami bahwa apapun jenis dan sumber pendapatan yang diterima kampung harus dimasukan dalam anggaran kampung. Jadi kelihatan pendapatan kami menjadi besar. Nah apakah karena hal ini DD yan kami terima tahun kedepan terpangkas, kok rasanya tidak adil ya? Justru harusnya kami mendapat penghargaan karena hal ini. Atau terpaksa dalam APBKam tahun depan, anggaran yang tidak bersumber dari pemerintah tidak kami masukkan supaya terlihat anggaran kami kecil ?” tanya beliau.

Suasana Forum Diskusi Pembahasan Inovasi Desa, RKP dan APBKAM 2018

Dalam rapat koordinasi ini dibahas mengenai pembahasan lanjutan tentang  inovasi desa disampaikan oleh Nursid sebagai ketua TPID Rawajitu Timur. Beliau memberikan beberapa arahan berkenaan dengan kegiatan inovasi desa. “Bursa inovasi ini telah dilaksanakan sebelumnya ditingkat Kabupaten bertempat  Unit 2 Tulang Bawang”, jelas beliau. “Hari ini setiap kampung diminta untuk mengisi formulir yang isinya adalah masukan. Perihal apa saja yang menjadi permasalahan di kampung, dan Inovasi apa yang dapat meningkatkan kapasitas kampung dan inovasi apa  yang telah dilakukan tahun sebelumnya yang layak  dicontoh dan diterapkan oleh kampung lain”, sambung beliau.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan