PPDP Kampung Bumi Dipasena Jaya Lakukan Coklit Serentak Pilgub Lampung 2018

Coklit data pemilih Pilgub Lampung 2017 oleh PPDP dan PPS Kampung Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya, (20/01/18) Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghimbau masyarakat yang telah dipilih menjadi Petugas Panitia Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) melalui SK Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 171 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2018 memulai kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) pada hari ini. Kegiatan coklit pada hari pertama ini dilakukan secara serentak dan akan berlangsung hingga 18 Februari 2018.

Kegiatan coklit diawali dengan apel petugas dan doa bersama. Ketua PPS Kampung Bumi Dipasena Jaya Nurul Yaqin A menjelaskan, Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit Data Pemilih Tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Nurul menuturkan, gerakan coklit nasional ini bukan hanya bagi penyelenggara pemilu, melainkan juga pengawas pemilu dan juga pemilih.

Apel petugas coklit dipimpin langsung oleh Nurul Yaqin A. Ketua PPS Kampung Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

“Sebelum melakukan coklit ke wilayah tugasnya masing-masing, PPDP harus meminta izin kepada ketua RW dan  atau RT selaku ketua wilayah. Dengan demikian Ketua RW dan RT akan memberikan info kepada warganya bahwa akan dilakukan coklit. Pemilih pasti akan siap-siap. ”Jangan-jangan nanti datang ke tempat saya, saya belum punya KTP elektronik. Jangan-jangan pas petugas datang, saya lagi pergi.” Makanya perlu PPDP dan ketua wilayah setempat berkomunikasi,” kata Nurul.

Nurul menjelaskan, kegiatan coklit akan dilakukan oleh sebanyak 6 petugas PPDP. Pada kegiatan coklit serentak ini, petugas PPDP akan didampingi oleh PPS Kampung Bumi Dipasena Jaya dan PPK Rawajiu Timur. “Kalau semua bergerak maka dengan target satu PPDP bisa menjangkau lima rumah, maka akan ada 30 rumah yang di-coklit secara serentak pada tanggal 20 Januari 2018,” katanya.

Proses Coklit oleh PPDP wilayah TPS 05 Kampung Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

Perwakilan PPK Rawajitu Timur Saman, S.Pd. menjelaskan, dalam kegiatan coklit ini, secara teknis petugas PPDP berkunjung dari rumah ke rumah. “Mereka membawa data DP4, itu dicek dari rumah ke rumah. Apakah benar di rumah ini ada tiga atau empat orang yang sudah masuk hak pilih, dicek tanggal lahirnya, penulisan nama, jenis kelamin, alamat rumah, dan seterusnya,” ucap Saman. Bahkan, kata Saman, petugas PPDP juga harus mendata anggota keluarga yang sudah memiliki hak pilih tetapi belum terdata. “Mereka harus bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar. Mencatat yang harus dicatat, dan mencoret yang harus dicoret,” katanya.

Tanda bahwa warga telah diferivikasi dalam coklit data pemilih adalah dengan diberikan sticker data pemilih di rumah | Foto : Vickyko R.P.

Setelah coklit hari ini dilakukan, petugas melaporkan hasil coklit kepada PPS di Sekretariat PPS. Turut hadir pula Solikin Ketua PPK Rawajitu Timur di Sekretariat PPS Kampung Bumi Dipasena Jaya. Ia menyampaikan apresiasinya atas antusias PPS dan PPDP dalam menjalankan tugasnya hari ini. “Harapannya PPDP dapat melakukan tugasnya dengan baik dan benar sesuai prosedur yang ada. Supaya saat pelaksanaan Pemilu Gubernur Lampung nanti tanggal 27 Juni 2018 nanti tidak mengalami kendala. Baik itu kendala data pemilih dan atau lainnya”, pungkas Solikin di akhir kegiatan hari ini.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan