Posyandu Lansia Bumi Dipasena Jaya, Ini yang Dilakukan

Posyandu Lansia sarana untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis | Foto : Vickyko R.P.

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lanjut usia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.

Tujuan umum dari posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Jaya bekerja sama dengan Posyandu Mekar Lestari yang merupakan Pokja Kesehatan PKK melaksanakan Posyandu Lansia hari ini, Jum’at (25/01/2019) pagi.

Suasana penyuluhan kesehatan oleh tim Puskesmas Rawajitu Timur kepada peserta posyandu lansia | Foto : Vickyko R.P.

Bertempat di Pendopo Kampung Bumi Dipasena Jaya, posyandu belangsung dengan diawali senam bersama, penyuluhan bahaya demam berdarah, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dan pemasangan implan untuk KB. Syarifudin, tenagakesehatan Puskesmas Rawajitu Timur memberikan pemahaman mengenai bahaya penyakit DBD. “Kita hidup di daerah perairan yang pasti banyak nyamuk. Nyamuk tersebut bisa menjadi penyebab DBD. Dengan ini saya harap peserta posyandu harus waspada dan menerapkan 3M+”, ungkapnya.

Ditempat yang sama Bidan Ida Kusuma Wati dari Balai Penyuluhan KB Rawajitu Timur juga memberikan penyuluhan tentang KB. Mulai dari pengunaan alat kontrasepsi dan konsultasi kesehatan pasca KB. Usai memberikan penyuluhan, ia melakukan pemasanga implan KB pada peserta posyandu lansia yang telah mendaftarkan diri. Kegiatan ini akan rutin dilakukan dan dipantau perkembangannya oleh kader yang ada di masing-masing kampung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan