Petambak Dipasena Amankan Sertifikat Menggunakan Layanan Safe Deposit Box

Safe Deposit Box disewa petambak Dipasena untuk amankan SHM | Foto : google.com

Layanan Safe Deposit Box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh, tahan bongkar dan tahan api untuk memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Seperti diitulis pada berita kampung oleh tim bumidipasenajaya.desa.id pada 19 April 2018 lalu, bahwasanya petambak Dipasena telah menerima Sertifikat Hak Milik (SHM). Dimana SHM selama ini disimpan oleh perusahaan di bank. Berdasarkan kesepakatan damai antara petambak dengan PT. Central Proteina Prima (CPP) pada Oktober 2017 dari konflik beberapa tahun terakhir, alhasil 6500 SHM dikembalikan kepada petambak dengan beberapa tahapan sambil menyelesaikan proses perubahan nama dan hal administratif lainnya.

Baca juga : SHM, Kado Untuk Kemerdekaan Berekonomi Bagi Petambak Dipasena

Proses administrasi untuk menyimpan SHM milik petambak Dipasena | Foto : Nafian Faiz 

Jumlah SHM yang diterima pada tahap pertama adalah sebanyak 400 eksemplar. Sejumlah SHM sudah dibagikan belum dapat disimpan pemiliknya langsung sebelum tahap akhir pembagian sampai diterima seluruh SHM dalam waktu 4 tahun mendatang. Sambil menunggu SHM yang lain dibagikan, petambak Dipasena menyimpan 400 eksemplar SHM yang sudah diterima di Bank mengunakan layanan Safe Deposit Box.

Hal tersebut berdasarkan kesepakatan para petambak yang tergabung dalam Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Lampung untuk menjaga solidaritas dan kebersamaan sesama petambak. Ketua dan Sekretaris P3UW Lampung kemudian datangi Kantor BRI di Jl. Raden Intan, Bandar Lampung untuk menyewa safety box, Senin (07/05) pagi.

Nafian Faiz Ketua P3UW Lampung mengatakan bahwa keputusan menyimpan aman SHM petambak Dipasena ke safety box milik BRI tersebut merupakan kesepakatan bersama.

Ketua P3UW letakkan SHM pada safety box | Foto : A.M. Tanjung

“Ini merupakan langkah antisipasi keamanan sambil menunggu proses pembagian SHM secara total selesai melewati tahapan-tahapan yang disepakati Rencananya kami akan sewa Safety box sampai 3 tahun yang akan datang, seluruh biaya sewa dan administrasinya di tanggung bersama oleh para petambak melalui P3UW, “katanya.

Bagi para petambak Dipasena, sertifikat yang diterimanya adalah barang yang sangat berharga yang harus berada di tempat aman. Mereka harus menunggu puluhan tahun dengan perjuangan keras bertaruh darah, air mata, hingga nyawa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan