Pemkam Bumi Dipasena Jaya | Transparansi Anggaran Kampung Tahun 2019

Pemkam BD. Jaya publikasikan anggaran kampung tahun 2019 | Gambar : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Dalam rangka transparansi anggaran Kampung tahun 2019, Pemkan Bumi Dipasena Jaya mempublikasikan infografis Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) tahun 2019. Publikasi dilakukan melalui media sosial dan juga banner yang diletakkan di depan Kantor Kampung.

Dalam infografis APBKam Bumi Dipasena Jaya dicantumkan jumlah dan sumber pendapatan kampung serta jumlah belanja kampung. Dimana belanja kampung terdiri dari empat bidang. Bidang penyelenggara pemerintahan kampung, bidang pembangunan kampung, bidang pembinaan masyarakat dan bidang pemberdayaan masyarakat. Dari empat bidang tersebut, terdapat beberapa sub bidang yang ditampilkan pada infografis lengkap dengan nama kegiatan dan angarannya.

Infografis APBKam Bumi Dipasena Jaya tahun 2019 | Infografis : Vickyko R.P.

Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya, Nafian Faiz menyampaikan bahwa ini bentuk transparansi anggaran kampung. “Tiap tahun kami lakukan publikasi APBKam, posting di akun resmi kampung melalui facebook, instagran dan situs. Tahun 2018 lalu kita punya anggaran Rp. 1,7 M dan tahun 2019 ini kita kelola angaran hampir Rp. 2 M,” kata Juragan, sapaan akrab Kakamp Bumi Dipasena Jaya, Selasa (21/05/2019) pagi.

“Jika terjadi perubahan anggaran di tengah pelaksanaannya, akan disusun APBKam Perubahan melalui musyawarah kampung. Kemudian disahkan oleh Kepala Kampung dan Ketua BPK dengan berita acara dan dibuatkan Peraturan Kampungnya. Setelah itu diajukan kembali ke Pemkab melalui DPMK kabupaten”, tambah Juragan. Harapan dari adanya publikasi anggaran kampung ini adalah terciptanya transparansi anggaran kampung. Agar masyarakat dapat mengetahui dana yang dikelola oleh pemerintah kampung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan