Pelatihan Pengelolaan Jaringan Internet oleh Operator Kampung

Pelatihan Mikrotik oleh RTIK Tulang Bawang, Forum Sideka Banjar Agung dan Rucom | Banner : Dana putra Yuda

Semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi informasi, membuat jaringan komputer semakin tampil memadai. Salah satu komponen penting dalam membangun jaringan komputer yaitu router. Dimana router ini meupakan media penghubung dan pengatur pada 2 buahj jaringan atau lebih yang berguna dalam meneruskan data dari satu jaringan terus ke jarigan yang lain.

Oleh karena itu RTIK Tulang Bawang  bersama dengan Forum Sideka Banjar Agung adakan Pelatihan Mikrotik. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempercepat penguasaan dan pemahaman terhadap Mikrotik RouterOS dan juga perangkat-perangkat wireless Mikrotik.

Peserta kegiatan memegang alat peraga router Miktotik | Foto : Vickyko R.P.

Dengan tema materi Pengayaan SDM yang Mandiri Dalam Mengelola dan Merawat Jaringan, kegiatan ini dalaksanakan malam hari dengan peserta berasal dari Gedung Aji Baru, Banjar Agung, Balam Jaya, Indraloka Mukti, Bumi Dipasena Jaya, dan Makmur Jaya.

Kegiatan dilaksanakan di Rumah Computer (Rucom) Unit 2 Tulang Bawang mulai dari 8-12 Maret 2018. Peserta kegiatan mendapat materi MTCNA, mulai dari Introduction, Ctara akses mikrotik, routing, bridging, wireles, Firewall, Dhcp, Qos, Tunnel dan Misc. Hal ini sangatlah penting bagi para Operator dalam rangka menjadikan desa semakin mandiri dalam hal perawatan maupun pengelolaan internet di kawasan Desa.

M. Kurniawan, MTCINE selaku pemateri kegiatan | Foto : Dana Putra Yuda

M. Kurniawan, MTCINE selaku pemateri menyampaikan bahwa pelatihan ini sudah dilakukan sejak tahun 2016 baik untuk guru, siswa sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum. “Harapan kami pelatihan ini berkelanjutan, sehingga dapat merealisasikan tujuan pelatihan yakni mandiri dalam hal perawatan maupun pengelolaan internet di kawasan Desa. ”, pungkasnya.

VRP

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan