Operator Kampung Bumi Dipasena Jaya Datangi DPMK Tulang Bawang, Ini yang Dilakukan

operator kamp. bumi dipasena jaya

Operetor Kampung Bumi Dipasena Jaya melakukan input laporan realisasi APBKam di DPMK | Foto : Dok. Kampung

Tulang Bawang – Operator Kampung Bumi Dipasena Jaya beserta 7 operator kampung lainnya dari Rawajitu Timur datangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Tulang Bawang. Kedatangan operator kampung ini dalam rangka memenuhi tugas dinas untuk input laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) semester pertama tahun angaran 2019. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu syarat pencairan Dana Kampung tahap kedua yang akan segera disalurkan.

Tertulis dalam lampiran Surat Sekda Tulang Bawang nomor 900/236.B/V.11/TB/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019 jadwal input laporan realisasi APBKam Rawajitu Timur adalah Kamis, 20 Juni 2019. Hal tersebut sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan operator kampung di kantor DPMK Tulang Bawang tiap semester untuk melaporkan penggunaan anggaran yang telah dicairkan. Bentuk pelaporan yang dilakukan adalah menyetorkan softcopy dan hardcopy juga input online di OM SPAN. OM SPAN sendiri adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan monitoring secara online sistem pembendaharaan dan anggaran.

Suasana input laporan di Kantor DPMK Tulang Bawang | Foto : Heru P.

Vickyko Romana Putra, Operator Kampung Bumi Dipasena Jaya mengatakan input laporan ini sangatlah penting. “Kita wajib laporkan realisasi APBKam ke DPMK sesuai dengan berkas yang diminta oleh DPMK. Mulai softcopy, hardcopy dan input online. Jika tidak membuat laporan, yang pasti akan jadi kendala untuk pencairan Dana Kampung tahap berikutnya,” kata Koko, sapaan akrab Vickyko di DPMK, Kamis (20/06/2019) siang.

“Saat ini dana yang sudah cair dari APBKam Bumi Dipasena Jaya adalah DK tahap pertama 20%, ADK tahap pertama 40% dan Siltap 5 bulan. Setelah selesai input laporan, dana tahap berikutnya akan segera dicairkan setelah memenuhi berkas yang diminta,” tambahnya. Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya, Nafian Faiz telah menandatangani laporan realisasi anggaran semester pertama dan siap mencairkan dana yang akan disalurkan tahap berikutnya. Yang selanjutnya akan dipertanggungjawabkan melalui laporan pertanggungjawaban (LPJ) tiap usai pelaksanaan anggaran dan kegiatan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan