Musyawarah Kampung | Jaring Aspirasi Masyarakat Untuk Anggaran Tahun 2019

BPK Bumi Dipasena Jaya selenggarakan Musyawarah Kampung | Foto : Vickyko R.P.

Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) Bumi Dipasena Jaya Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang selenggarakan Musyawarah Kampung (Muskam). Hal ini salah satu wujud pelaksanaan UU No 6 tahun 2014 pasal 54. Muskam ini diselenggarakan untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam perencanaan anggaran kampung tahun 2019 mendatang.

Bertempat di Sekretariat Kampung Bumi Dipasena Jaya, muskam dihadiri Camat Rawajitu Timur, Kepala Kampung Bumi Dipasena, Kepala Sekolah, Ketua RW, Ketua RT, PKK, Karang Taruna dan unsur tokoh masyarakat kampung. Dengan dibuka langsung oleh Ketua BPK Totok Sugiarto, musyawarah berlangsung tertib.

“Pada kesempatan ini akan kita lakukan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) tahun 2018, apa saja yang sudah terealisasi. Kemudian dilanjutkan dengan penjaringan daftar usulan masyarakat untuk angaran tahun depan” kata Totok saat membuka muskam, Jum’at (03/08/2018).

Suasana Musyawarah Kampung di Sekretariat Kampung Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyo R.P.

Evaluasi anggaran dilakukan untuk mengidentifikasi kegiatan yang dilaksanakan tahun ini untuk nantinya dilanjutkan di tahun berikutnya atau disudahi pada tahun ini. Selain itu daftar usulan yang masuk pada muskam ini akan dicatat dan akan dipilah kembali sesuai skala prioritas kampung.

Harapannya dengan dilaksanakannya muskam ini prioritas utama kegiatan yang ada di kampung dapat terlaksana sesuai dengan aspirasi masyarakat yang tercatat dala daftar usulan kegiatan.

Nafian Faiz selaku Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya menambahkan bahwa Pemerintah Kampung sebisa mungkin trasnparan mengenai APB Kampungnya. “Kami pasang baliho APBK dan mempublikasikan kegiatan yang ada di kampung kita melalui media sosial dan situs resmi kampung. kalupun ingin lebih jelassilahkan datang ke kantor kampung menemui Kaur Keuangan dan Bendahara,” pungkasnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan