Menunggu Fatwa MUI, Pemberian Vaksin Rubella di Bumi Dipasena Jaya Tetap Dilaksanakan

Pelaksanaan pemberian vaksin rubella | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Puskesmas Rawajitu Timur lakukan pemberian vaksin rubella pada anak sekolah di Kampung Bumi Dipasena Jaya. Pemberian vaksin rubella ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita, RA dan MI Bahrul Ulum At-taqwa, SDN 01 Bumi Dipasena Jaya dan SMPN Satap 03 Rawajitu Timur. Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskes Rawajitu Timur, Sabar Sitorus, Amd. Kep. juga berikan penyuluhan tentang bahaya rubella pada orang tua murid, Kamis (09/08/2018) pagi.

Penyuluhan dilakukan oleh Sri Novi Yanti, Amd. Keb., salah satu bidan di Puskesmas Rawajitu Timur. “Kendati fatwa MUI belum dikeluarkan, kami tidak diberi perintah oleh pusat untuk tunda program ini. Namun kami juga berikan kebebasan bagi yang ingin menunggu fatwa dikeluarkan untuk tidak ikuti pemberian vaksin ini”, kata bidan Sri.

Penyuluhan dilakukan sebelum pemberian vaksin untuk berikan pemahaman mengenai rubella | Foto : Vickyko R.P.

Begitu juga klarifikasi dari Kepala Puskes Rawajitu Timur bahwasannya tak ada penundaan pelaksanaan pemberian vaksin rubella ini. “Pemerintah pastinya sudah memikirkan baik buruknya program yang dilaksanakan, terlebih ini program nasional dan mendapat pantauan WHO,” tambahnya.

Usai penyuluhan pemberian vaksin rubella pada siswa sekolah dilaksanakan. Beberapa orang tua murid yang menolak diberi vaksin membuat surat pernyataan penolakan tindakan medis. Namun sebagian besar siswa turut serta dalam pemberian vaksin rubella walau dengan jeritan tangis.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan