Marak Postingan Bodong di Medsos | Operator Informatika : Warga Harus Cerdas Bagikan Unggahan

Medsos jadi hal yang digandrungi khalayak, tak terkecuali di Bumi Dipasena Jaya | Foto : Ilustrasi

Bumi Dipasena Jaya – Perkembangan teknologi dewasa ini makin pesat. Semua kalangan pun turut rasakan perkembangannya. Yang paling dekat dengan masyarakat adalah smartphone dengan kecepatan akses internetnya. Kemudian makin sedap dengan dibumbui oleh aplikasi-aplikasi hiburan. Dan yang marak digunakan adalah media jejaring sosial. Seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram.

Tak terkecuali dengan masyarakat di Bumi Dipasena Jaya. Hampir dari semua warganya paham dengan perkembangan teknologi di smartphone. Anak-anak sampai orang tua semua pakai. Bahkan belakangan ini masyarakat sudah mulai memiliki akun whatsapp dan facebooknya masing-masing. Ada yang sudah mahir, ada juga yang masih pemula. Yang menjadi perhatian khusus adalah, beberapa ungahan yang  ada belakangan ini banyak yang tak berfaedah juga berita bohong (hoax).

Vickyko Romana, Operator Informatika ajak warga kampungnya cerdas bermedsos | Foto : Dok Rumah Pinktar

Sangking maraknya postingan-postingan bodong sampai-sampai pemerintah batasi akses di internet beberapa hari ini. Terhitung sejak Rabu (22/05/2019) lalu sampai dengan berita ini diterbitkan. Hal tersebut adalah salah satu strategi untuk mengurangi volume postingan bodong tak bertangung jawab. Terlebih semua orang kini bisa menjadi wartawan dadakan. Tanpa mempertimbangkan isi postingan yang mereka unggah. Karena mereka tak begitu faham Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang berlaku.

Atas hal tersebut, Vickyko Romana, Operator Informatika Kampung Bumi Dipasena Jaya himbau warga di kampungnya supaya tak ikut-ikutan. “Bagi yang hobi buka Whatsapp, Facebook dan Instagram, jangan suka bagikan postingan yang belum diketahui kebenarannya. Jangan sampai kita diperbodoh teknologi. Yuk kita lebih cerdas dalam mengunakan teknologi yang berkembang dalam hal ini internet dan bermedsoso,” kata Vickyko, Jum’at (24/05/2019) pagi. Harapannya para penggiat media sosial khususnya di wilayah Kampung Bumi Dipasena Jaya lebih bijak dalam mengunggah informasi di akunnya masing-masing. “Jangan sampai unggahan kita di medsos dapat menjadi boomerang dan merugikan diri sendiri,” tambahnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan