Lirik Perkembangan Ekonomi Tambak Udang, Rektor UBL Turun ke Dipasena

Rektor UBL dan beberapa Dosen kunjungi Bumi Dipasena dalam rangka penelitian | Foto : Denu, S.Kom.

Bumi Dipasena Jaya – Tim visitasi dan penelitian dari Univeraitas Bandar Lampung (UBL) kunjungi lokasi pertambakan Bumi Dipasena guna melakukan penelitian mengenai pengembangan perekonomian di Bumi Dipasena. Tim visitasi dipimpin langsung Rektor UBL, Dr. M. Yusuf S. Barusman dengan didampingi 6 Dosen.

Yusuf mengatakan, kunjungannya dirinya ke ke Bumi Dipasena adalah perintah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tingi (Kemenristek Dikti) untuk meneliti pengembangan ekonomi. Pihaknya ingin mengetahui lebih dalam mengenai sistem ekonomi yang diterapkan oleh petambak di Bumi Dipasena.

Nantinya, sistem tersebut mungkin bisa diterapkan di tempat lain untuk bisa memberikan perubahan yang lebih baik. “Ini bisa untuk perubahan umumnya Indonesia,” kata Yusuf, Jum’at (10/08/2018) sore.

Tim visitasi lakukan FGD di Sekretariat Kampung bersama tokoh masyarakat | Foto : Vickyko R.P.

Sementara Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya sekaligus Ketua P3UW Lampung  Nafian Faiz mengatakan bahwa sistem ini merupakan upaya pelepasan pettambak dari belenggu hutang. Sistem tersebut diinisiasi P3UW Lampung guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi anggotanya. “Kami juga lembaga berpotensi, seperti Koperasi  dan Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam),” kata dia.

Tim visitasi kemudian adakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang seluruh tokoh setempat. FGD yang berlangsung di Kantor Kampung Bumi Dipasena Jaya ini berlangsung sangat interaktif.

Tim juga ikuti rapat bulanan yang diadakan pengurus unit usaha Bumkam di RW 12 Bumi Dipasena Jaya. Pada akhir kunjungan, tim melakukan tinjau lapangan guna melihat aktifitas budidaya udang serta melihat lapak penampungan hasil panen.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan