Jelang Mudik Lebaran, Sekretaris Kampung Himbau Warga Jaga Keamanan

Hermintono hmbau warga jaga keamanan jelang Idul Fitri | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Ramadhan sudah memasuki bulan pertengahan menuju hari raya Idul Fitri. Seperti rutin pada tahun-tahun sebelumnya, warga Bumi Dipasena Jaya tidak sedikit yang pergi meninggalkan lokasi. Mereka menuju kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama kerabat. “Cuti Mudik” adalah istilah masyarakat Bumi Dipasena jika pergi keluar lokasi jelang lebaran.

Masyarakat yang akan mudik sudah mulai terlihat di wilayah 61 Bumi Dipasena Jaya. Dengan menggunakan jasa mobil travel, para pemudik menuju ke kampung halaman via jalan lintas Rawajitu. Diperkirakan H-7 Idul Fitri wilayah 61 akan dipadati para pemudik. Pemudik dari kampung lain juga biasa berkumpul di wilayah 61 untuk menunggu mobil travel jemputannya. Pemudik yang mengendarai motor juga diperkirakan cukup banyak.

Mobil travel memuat barang bawaan pemudik | Foto : Vickyko R.P.

Hermintono, Sekretaris Kampung Bumi Dipasena Jaya mengatakan bahwa warga nanti banyak yang keluar lokasi. Bahkan rencananya ia pun turut serta meninggalkan lokasi untuk mudik. Oleh kerena itu ia menghimbau kepada warga untuk bisa menjaga kestabilan keamanan lingkungan. “Yang mudik harus memperhatikan kondisi rumah yang ditinggalkan, dan yang tidak mudik mari dijaga lingkungan di wilayahnya. Kita saling menjaga supaya tetap aman. Jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan,” himbau Hermintono, Kamis (23/05/2019) pagi.

Warga yang mudik diminta untuk mengunci rumahnya. Memperhatikan sumber listrik, perapian dan kompor yang mana sering menjadi pemicu kebakaran. Warga yang tak mudik dan tetap tinggal dilokasi bekerjasama jaga keamanan. Warga yang tinggal dilokasi dan tidak mudik biasanya warga yang memiliki udang di tambaknya. Mereka harus menunggu udang yang mereka budidayakan, karena jika ditinggal begitu saja bisa berakibat fatal. Apalagi udang berumur hampir 2 bulanan.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan