Idul Adha 1442 H Petambak Dipasena Potong Hewan Kurban, Setara 1,8 Milyar

Panitia Kurban Bumi Dipasena Abadi

RAWAJITU TIMUR (Bumidipasenajaya.desa.id ) :

Penyelenggaran Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah tahun ini bertepatan dengan hari Selasa 20 Juli 2021, disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat petambak Bumi Dipasena, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang.

Walau Indonesia dan di belahan bumi lainnya masih dilanda pandemi covid 19, namun masyarakat Rawajitu Timur yang Notabene sebagai petani tambak dan pembudidaya udang ini tetap antusias dan khidmat menyambut hari raya Idul Adha, ini terbukti selepas salat Makhrib Senin (19/07) , kalimat Takbir, Tahlil dan Tahmid terus dikumandangkan dari masjid dan musala yang ada.

Kesibukan Ta’mir Masjid (Pengurus Masjid) dan panitia penyembelihan hewan kurban sudah terlihat dua hari sebelum hari raya, mulai dari bersih-bersih tempat kegiatan, menyiapkan peralatan, pendataan warga yang berkurban dan hewan kurban sampai dengan pendataan warga penerima hewan kurban.

Wilayah Dipasena tidak masuk zona merah penyebaran covid 19, warga diperkenankan untuk menyelenggarakan sholat Idul Adha secara berjamaah di masjid atau di lapangan, walau begitu Protokol Kesehatan penanganan pendemi Covid 19 tetap dijalankan secara ketat.

“Menurut informasi dari seluruh pengurus masjid se Kecamatan Rawajitu Timur ( 8 Kampung). Alhamdulillah penyelenggaraan sholat Idul Adha, penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban berjalan lancar dan aman”. Kata ustadz Nurhadi Ketua Badan Kordinasi Takmir Masjid (BAKORTA) Kecamatan Rawajitu Timur, juga sebagai Penyuluh Agama Islam Non PNS Kementerian Agama RI, saat dihubungi oleh bumidipasenajaya.desa.id. Jumat (23/7).

 

Panitia Kurban Bumi Dipasena Jaya

Ust Nurhadi menambahkan total ji warga yang berkurban sekitar 695 orang, jumlah hewan kurban sebanyak 275 ekor, dengan rincian Sapi 70 ekor dan Kambing 205 ekor.

Di tempat terpisah Nuh Hudawi salah satu tokoh masyarakat Bumi Dipasena menyampaikan. “Kalau rata-rata harga Sapi 18 juta/ekor dan harga Kambing 2,5juta/ekor maka total dana untuk pengadaan hewan kurban ini adalah 1,6 Milyar, sampai dengan 1,8 Milyar. Ini angka maksimal dengan asumsi harga kambing bervariasi dari 2,5 juta sampai dengan 3,5 juta/ekor”.

“Kita bersyukur kesadaran dan antusias warga untuk beribadah Kurban cukup tinggi walau suasana masih Pandemi, justru pada masa sulit seperti saat ini Syariat ibadah kurban sangat terasa manfaatnya, walau lagi sulit kita masih bisa berbagi hewan kurban”. Kata Nuh Hudawi.

 

Editor: Irvan/Reporter : Faiz

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan