Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon di Pilgub Lampung 2018

Penetapan hasil undian nomor urut pasangan calon pada Pilgub Lampung 2018

Jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung terus melakukan persiapan. Mulai dari pendaftaran bakal calon, pembentukan PPK, PPS, melakukan Pleno dan masih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan sampai nanti di hari pemilihan. Dan pada tanggal 13 Februari 2018 telah dilaksanakan pengundian Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilgub lampung 2018.

Bertempat di Hotel Novotel Lampung, KPU memulai pengundian pada pukul 19.00 WIB dengan dihadiri empat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang masing masing telah didampingi oleh partai pengusung dan juga partisipan pendukung. Yel-yel dari setiap Paslon pun mewarnai kegiatan pengundian nomor urut ini.

Empat paslon tersebut yakni M Ridho Ficardo Bachtiar Basri (paslon pejawat), Arinal Djunaidi Chusnuniah Chalim, Herman HN Sutono, dan Mustafa Ahmad Jajuli. Setelah ditetapkan, empat paslon dan timnya terikat dengan undang undang dan peraturan yang berlaku pada pilkada langsung dan serentak tersebut.

Paslon M Ridho Ficardo Bachtiar Basri diusung Partai Demokrat, PPP, dan Gerindra. Arinal Djunaidi Chusnuniah Chalim diusung Partai Golkar, PKB, dan PAN. Herman HN Sutono diusung PDIP, dan Mustafa Ahmad Jajuli diusung Partai Nasdem, PKS, dan Hanura.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono | Foto : https://lampungpro.com

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, keempat paslon telah memenuhi persyaratan sebagai paslon pilgub Lampung berdasarkan berita acara nomor 06/PK.01-BA/03/Prov/II/2018 tentang Penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2018. ”Keempat pasangan sudah resmi dan sah sebagai paslon gubernur dan wakil gubernur,” katanya. (http://nasional.republika.co.id/)

Setelah ditetapkan sebagai paslon pilgub Lampung untuk mengikuti kontestasi pilkada 27 Juni 2018, sejumlah atribut paslon masih terpasang bebas di berbagai tempat di Provinsi Lampung. Reklame, spanduk, dan banner paslon terpasang secara liar dan tidak beraturan, kerap siap bertarung pada Pemilihan Gubernur Lampung pada 27 Juni 2018 setelah ditetapkan KPU Lampung.

Pengundian nomor urut akan dilakukan oleh keempat pasangan calon dengan disaksikan oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Kepolisian Daerah (Polda), Kejaksaan Tinggi (Kejati). Untuk pengambilan undian dilakukan dua kali. Pertama, ada 12 bola yang mana ada nomor urutnya di dalam wadah.

“Jadi, bola-bola itu diaduk dan diambil oleh ketua Bawaslu, Kejati, dan Kapolda. Setelah itu barulah calon wakil gubernur yang mengambil. Kalau mendapat nomor terkecil, misal nomor 3, maka calon tersebut punya kesempatan pertama kali mengambil nomor urut. Begitu seterusnya,” kata Nanang

Nanang kemudian menyerahkan kepada komisioner KPU Lampung, M Tio Aliansyah untuk memandu pengundian nomor urut. Empat Calon Wakil Gubernur mengambil bola, urutan yang mengambil undian kemudian yakni  pasangan, Herman, disusul Arinal, lalu Ridho, dan terakhir Mustafa.

Hasil undian nomor urut pasanagn calon pada Pilgub Lampung 2018 | Foto : http://tribunlampung.co.id

Giliran Calon Gubernur untuk memilih nomor urut. Proses pengambilan nomor urut juga menghadirkan ikon Pilgub KPU Lampung bergambar gajah. Setelah mengambil undian, masing-masing wakil pasangan diminta untuk menunjukkan nomor yang ada dalam undian tersebut secara serentak. Hasilnya, Ridho menunjukkan nomor 1, Herman nomor 2, Arina nomor 3, dan Mustafa nomor 4.

Hasil pengundian nomor urut pasangan calon pada Pilgub Lampung 2018 tersebut langsung disahkan KPU Lampung dalam sebuah ketetetapan atau keputusan KPU dalam rapat pleno terbuka.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan