Hadiri Upacara di SD, Pak Polisi Tercengang dengan Kedisiplinan Siswa

Pihak kepolisian dari Polsek Rawajitu ikuti upacara bendera sebagai Pembina di SDN 01 Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).Termasuk di Sekolah Satu Atap di Kampung Bumi Dipasena Jaya, SDN 01 Bumi Dipasena Jaya dan SMP Satu Atap Negeri 03 Rawajitu Timur Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin.

Upaca Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Suasana upacara bendera berlangsung hidmat | Foto : Vickyko R.P.

Bapak Abdullah dari Bina Masyarakat (Binmas) Polres Rawajitu menjadi pembina upacara bendera di SD Negeri 01 Bumi Dipasena Jaya yang digelar pada  hari ini (22/01/18) Pukul. 07.30 WIB. Hal ini dilaksanakan berdasarkan agenda rutin Polres Rawajitu untuk menanamkan jiwa nasionalisne, patriotisme serta sikap patuh hukum peraturan perundang –  undangan kepada para generasi penerus. Selain itu juga bertujuan sebagai penambah motivasi belajar para siswa untuk menjadi insan muda yang cerdas dan bertaqwa, serta bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.

Dalam amanatnya, Bapak Abdullah sebagai pembina upacara mengingatkan para siswa tentang kedisiplinan dalam kehidupan sehari hari. Pada kesempatan itu juga Bapak Abdullah menyampaikan kekagumannya pada pelaksanaan upacara hari ini. “Hari ini saya sangat kagum dengan adik-adik semua, belum pernah saya melihat upacara sedisiplin ini di wilayah Rawajitu untuk tingkat SD/SMP. Mulai dari pasukan pengibar bendera yang saya rasa sudah seperti paskibra di upacara besar, peserta yang berbaris rapi, berpakaian dengan atribut lengkap. Ini yang membuat saya tercengang, mengingat wilayah Bumi Dipasena Jaya ini bisa dibilang ada di dalam (pelosok)”, ungkap beliau bangga.

Amanat oleh pembina upacara dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Abdullah dari Binmas Polsek Rawajitu | Foto : Vickyko R.P.

Kemudian menengok pada kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan anak sekolah diwilayah hukum Rawajitu, Bapak Abdullah menghimbau untuk bersama sama menekan kasus tersebut dengan melapor pada Polisi jika terjadi di lingkungan setempat. “Ini tidak hanya masalah sepele namun masalah besar yang dapat membahayakan  rusaknya moral bangsa, ” tegasnya.

Usai upacara bendera, Pak Polisi menyempatkan diri untuk foto bersama dan melakukan tinjauan ke ruang kelas SMP N Satap 03 Rawajitu Timur yang lokasinya bergandengan dengan SDN 01 Bumi Dipasena Jaya. Ia juga menyampaikan pesan moral kepada siswa di ruang kelas.

Penyampaian pesan moral dan kamtibmas kepada siswa SMPN Satap 03 Rawajitu Timur di sela waktu kegiatan belajar | Foto : Vickyko R.P.

“Semoga dengan hadirnya Polisi di tengah tengah kami dapat membantu dan mendorong kami semua Bapak dan Ibu guru beserta siswa untuk bersama sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakats yang kondusif dilingkungan sekolah kami dan dilingkungan tempat tinggal kami, saya mengucapakan terima kasih atas arahan bapak Polisi dan dapat bermanfaat bagi kami,” pungkas Suratinah, S.Pd. Kepala Sekolah SD Negeri 01 Bumi Dipasena Jaya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan