Gak Cuma Panen Udang, Petambak di Bumi Dipasena Jaya Ini Panen Buah Naga Juga

PETAMBAK BUMI DIPASENA JAYA

Hasil panen buah naga yang ditanam di tepi tambak | Foto : Vickyko R.P.

Bumi Dipasena Jaya – Petambak di Bumi Dipasena Jaya memang sudah dibilang terkenal dalam budidaya udangnya. Tak hanya di wilayah sekitar, nasional bahkan internasional pun mengetahuinya. Namun belakangan ini semenjak aktivitas budidaya udang tak lagi intensif seperti era perusahaan dahulu, petambak banyak melakukan pekerjaan sambilan. Mereka tak hanya berfokus pada budidaya udang di tambak saja. Ada yang berkebun, memelihara ternak dan lainnya.

Salah satunya pasangan suami isteri, Heri Sungkono dan Mala. Mereka adalah warga Bumi Dipasena Jaya yang tinggal di RW 04 Blok 06.40.08. Heri Sungkono ini rupanya merupakan Ketua RT di wilayahnya RT 20. Sudah Setahun terakhir ini ia berkebun buah Naga. Ia bersama isterinya tanami buah naga di pekarangan rumah dan sekeliling tambak miliknya. Ratusan buah naga siap panen kini ia miliki di sekitar rumah.

Proses pemetikan buah naga yang siap panen | Foto : Vickyko R.P.

Mala, sang isteri mengatakan cukup mudah menanam pohon buah naga ini. “Cari batang pohon yang udah tua, nanti dipotong, terus di tanem. Pasti tumbuh mas. Yang penting dirawat, nanti sekitar enam bulan saja udah bisa berbuah. Jangan lupa juga pupuknya,” kata Mala, Senin (17/06/2019) siang saat sedang memetik buah naga di tepi tambaknya.

Ia mengaku sudah panen ratusan kilogram buah naga. Ada yang dikirim ke luar lokasi ke tempat keluarga di kampung halaman, ada yang dikasih ke tetangga dan ada yang dijual. “Untuk buah Naga yang dijual dipilih yang besar-besar. Tergantung permintaan yang beli. Kita jualnya Rp.15 ribu/Kg. Masalah kualitas bisa bersaing dengan yang diluar. Karena kami gak petik kalau belum mateng banget,” pungkasnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan