Evaluasi Penyusunan RAPBKam 2018 Kecamatan Rawajitu Timur

Suasana evaluasi RAPBKam di Kecamatan Rawajitu Timur | Foto : Vickyko R.P.

Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung/Kelurahan (DPMK/K) melalui tim evaluasi RAPBKam Kecamatan melakukan evaluasi RAPBKam tahun anggaran 2018. Evaluasi RAPBKam ini dikuti delapan kampung yang ada di Kecamatan Rawajitu Timur. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana masing-masing kampung yang sudah menyusun RAPBKam. Mengingat dana yang sudah ada tinggal menunggu kesiapan dari Pemerintah Kampung untuk menyerap dana tersebut.

Evaluasi ini dibuka langsung oleh Camat Rawajitu Timur, Amad, M.Pd. di aula terbuka kantor Kecamatan, Jum’at (09/03). “Kami selalu mendampingi kawan-kawan operator dan bendahara beserta tim penyusunan RAPBKam agar pelaporan dan penyusunan tersebut tidak ada kesalahan. Kalau sebelumnya kita laksanakan di kabupaten, untuk tahun ini kita akan laksanakan di kecamatan. Bahkan rencananya juga pelaksanaan evaluasi ini diberikan kewenangan saja kepada pemerintah kecamatan sebagai garis koordinasi Kampung,” kata Camat. Kemudian evaluasi RAPBKam dilanjutkan dengan pembenahan isi yang masih terjadi beberapa kesalahan dengan dipandu oleh Wanto dan Nursit selaku tim penyusun APBKam di Kecamatan rawajitu Timur.

Camat Rawajitu Timur membuka agenda evaluasi RAPBKam | Foto : Vickyko R.P.

“Yang harus diperhatikan kawan-kawan penyusun RAPBKam salah satunya tentang SKB 4 Menteri yaitu 30 persen untuk HOK. Hal ini merupakan langkah realisasi padat karya yang di gembar-gemborkan pemerintah pada anggaran pembangunan tahun 2018 ini,” ungkap Wanto.

Dalam penyusunannya, beberapa kendala sempat ditemui oleh tim penyusun RAPBKam. Seperti halnya parameter kegiatan yang berubah ubah. Namun dari pertemuan hari ini, paramter yang fiks sudah dapat diterima oleh masing-masing kampung dan selanjutnya untuk bahan perbaikan RAPBKam.

Tim penyusun RAPBKam dari 8 kampung di wilayah Kecamatan Rawajitu Timur | Foto : Vickyko R.P.

Vickyko R.P. selaku operator Kampung Bumi Dipasena Jaya menyampaikan penyelesaian RAPBKam kami sudah 90 persen dalam penyusunannya. Tinggal beberapa kelengkapan dan tanda tangan kepala kampung disusul dengan kelengkapan RKPKam. “Kami operator dari 8 kampung di Rawajitu Timur akan terus melakukan perbaikan apabila nanti masih terdapat kesalahan, kita harus terus didampingi oleh tim evaluasi untuk meminimalisir kesalahan.” tutupnya.

VRP

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan