Dana Kampung Tahap Pertama Rampung Dikelola, Pemkam Bumi Dipasena Jaya Bersiap Kelola Tahap Berikutnya

Salah satu prioritas kinerja Pemkam Bumi Dipasena jaya adalah pengelolaan keuangan | Foto : Vickyko R.P.

Pemerintah Kampung Bumi Dipasena pada tahun anggaran 2018 telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) dengan disetujui oleh Badan Permusyawaratan Kampung melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbangkam) pada akhir anggaran tahun 2017 lalu. Hal ini tertuang dalam Peratutan Kampung Bumi Dipasena Jaya Nomor 3 Tahun 2018 tentang APBKam Bumi Dipasena Jaya tahun 2018.

Berdasarkan kebijakan yang berlaku di Kabupaten Tulang Bawang, penyaluran Dana Kampung (DK) tahun 2018 dilakukan dengan 3 tahap pencairan. Pencairan pertama sebesar 20%, Pencairan kedua 40% dan ketiga 40%. Total DK yang akan diterima oleh Pemerintah Kampung melalui rekening kampung pada tahun 2018 ini adalah sebesar Rp.707.177.427,-. Dan pada tahap pencairan DK 20% tahap pertama pada 23 Mei 2018 lalu adalah sebesar Rp.141.435.485,-.

Realisasi DK Tahap I (20%) Tahun 2018 | Sumber : Kaur Keuangan Kampung

Pada pencairan DK tahap pertama ini pemerintah kampung mengganggarkan sejumlah dana untuk digunakan di masing-masing kegiatan dari 4 bidang yang ada di APBKam. Realisasi anggaran di bidang penyelenggaraan pemerintahan kampung diserap untuk operasional perkantoran dan honor untuk pengelolaan keuangan kampung. Pada bidang pelaksanaan pembangunan kampung, 100 juta anggaran yang ada digunakan untuk pelaksanaan pembangunan drainasi (saluran air) sepanjang 2000m di wilayah RW 01 dan 07. Pembangunan drainase tersebut dikerjakan menggunakan tenaga alat berat excavator yang saat ini pengerjaannya sudah 100 persen.

Pada bidang pembinaan masyarakat kampung, Pemkam Bumi Dipasena Jaya menyalurkan DK untuk kegiatan kepemudaan pada Karang Taruna. Dan selanjutnya pada bidang penyertaan modal kampung, dianggarkan pula penguatan modal untuk Badan Usaha Miik Kampung (Bumkam). Seluruh dana yang dicairkan pada pencairan DK tahap I telah terealisasi dan sudah dibuat laporan pertanggungjawabannya.

DK Tahap I (20%) tahun 2018 pada bidang pelaksanaan pembangunan kampung digunakan untuk pembanunan drainase | Foto : Vickyko R.P.

Vickyko Romana Putra, Kepala Urusan Keuangan Kampung mengatakan bahwa laporan pertanggungjawaban atas pencairan DK tahap pertama tahun 2018 rampung dikerjakan. “Laporan DK tahap pertama sudah rampung dibuat. Pajak atas belanja barang dan sewa alat berat juga sudah terbayarkan. Kalaupun ada kekurangan, nantinya akan secepatnya dibereskan. Lanjut pengajuan pencairan tahap selanjutnya, dan kami siap mengelola keuangan kampung sebaik mungkin dan juga transparan,” kata Koko sapaan akrab Kaur Keuangan.

Selain itu seluruh anggaran yang ada di Kampung Bumi Dipasena Jaya juga dibuatkan publikasinya untuk menciptakan transparansi keuangan kampung. “Kami buatkan banner berukuran 2×3 meter yang berisi seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung. Selain itu kami juga banyak menuangkan informasi melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan juga situs resmi kampung. Jadi warga bisa tahu untuk apa saja penggunaan keuangan kampung,” tutup Koko.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan