Dana GSMK 2017 Tidak Cair Seutuhnya, Masyarakat Berswadaya

Gotong royong semenisasi jalan oleh warga RW 06 | Foto : Vickyko R.P.

Semangat gotong royong dan kerjasama tetap hidup di tengah masyarakat Kampung Bumi Dipasena Jaya. Warga RW 06 lakukan gotong royong pembangunan jalan. Jalan tersebut adalah jalan RW yang akan dilakukan semenisasi oleh warganya yang berjarak kurang lebih 500 meter mulai dari RT 26 sampai dengan RT 30.

Sebelum dilakukan semenisasi, jalan ini bisa dibilang sulit untuk dilintasi terlebih ketika musim hujan. Tanah pada jalan tersebut sangat lunak dan jika dilewati kendaraan tanah jalan ini akan amblas yang membuat kendaraan tidak bisa melintas. Hal ini juga menjadi keluhan bagi pelajar yang tinggal di wilayah tersebut. Pasalny ketika hujan turun di malam hari, esok harinya waktu berangkat sekolah para pelajar harus bersusah payah melintasi jalan becek. dan tidak jarang mereka terlambat datang ke sekolah.

Kondisi jalan saat dilakukan semenisasi | Foto : Vickyko R.P.

“Semenisasi jalan ini merupakan bentuk nyata yang mematahkan anggapan bahwa masyarakat enggan berswadaya. Terlebih pembangunan jalan ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kampung melalui bantuan pendanaannya. Sehinga mampu memberikan stimulasi bagi warga suku 06 untuk bergotong royong. Hingga saat ini dari 5 RT yang ada di wilayah RW 06 sudah 2 RT yang jalannya sudah dilakukan semenisasi oleh warga. Kemudian 3 RT lagi dijadwalkan dalam waktu dekat akan segera diselesaikan juga,” ungkap Pusagi Ketua RW 06 di lokasi pembangunan jalan, Selasa (23/1).

Pengadukan bahan semenisasi jalan menggunakan mesin molen dengan komposisi semen, pasir, batu spit dan air yang telah disesuaikan kebutuhan | Foto : Vickyko R.P.

Hermintono Sekretaris Kampung mengungkapkan, “Ini adalah hikmah dana GSMK 2017 yang tidak turun seratus persen. Seyogyanya masyarakat hanya membantu gotong royong saja, akan tetapi karena anggaran GSMK yang semula dianggarkan Rp.225.000.000,- tidak semua turun dan realisasinya hanya Rp.145.000.000,-. Melalui forum mingguan di Sekretariat Kampung bersama Ketua RW, kita sampaikan kepada masyarakat ini uang kita yang ada, mau pilih kita bangunkan secukupnya uang dengan resiko hanya berapa RT saja yang disemen atau masyarakat beswadaya ikut berpartisipasi dana agar seluruh jalan RW di masing-masing RT di semenisasi. Alhamdulillah, masyaratkat mengambil opsi ikut berpartisipasi dana dan tenaga.”

Saya harap semangat gotong royong ini yang harus dipelihara, semangat kebersamaan dan saling bahu membahu memperbaiki jalan untuk digunakan bersama. Dan tentunya harus ada tindakan perawatan jalan agar tetap terjaga dan jika ada kerusakan bisa cepat ditanggulangi”, tambahnya.

Pencetakan jalan semen secara manual | Foto : Vickyko R.P.

Warga di lingkungan RW 06 Kampung Bumi Dipasena Jaya patut merasa gembira. Pasalnya, jalan RW yang semula hanya tanah, kini sudah ditingkatkan dengan jalan semen  Lebar jalan yang disemen kurang lebih 60 cm dengan ketebalan kurang lebih 20 cm.

Ketua RT 26 Frits Marthin Lobo mengatakan, “Ya harapan saya, semoga apa yang direncanakan untuk pembangunan kampung kami ini bisa berjalan dengan baik. Semenisasi jalan ini bisa dilanjutkan sampai benar-benar selesai. Untuk itu, semoga warga juga bisa lebih bersabar lagi, karena kita sama-sama akan melakukan yang terbaik untuk bisa memberikan yang terbaik untuk warga.”

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan