Cegah Penyakit Kronis Dengan Senam Sehat Prolanis

Peserta Senam Prolanis Kampung Bumi Dipasena Jaya

Seperti diketahui bahwa Penyakit Kronis merupakan perubahan kondisi kesehatan yang tidak dapat disembuhkan lewat prosedur operasi biasa atau pengobatan jangka pendek. Penyakit kronis atau efek-efeknya tidak mudah dihadapi bukan hanya karena sifat penyakitnya atau perawatannya, melainkan karena penyakit itu harus diderita untuk waktu yang lama. Upaya preventif dibidang kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas. Disisi lain Puskesmas ditugasi untuk membantu masyarakat menjaga kesehatan juga merasa perlu dilakukan upaya pencegahan dibidang kesehatan.

Salah satu bentuk kegiatan prolanis adalah aktifitas klub yang dapat diwujudkan melalui kegiatan senam sehat pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Puskesmas Rawajitu Timur yang selain berfungsi sebagai Fasilitas Kesehatan juga terdapat komunitas Senam Prolanis. Oleh karena itu Puskesmas Rawajitu Timur juga melaksanakan kegiatan kelompok berupa senam sehat prolanis.

Ilustrasi : Orang Yang Mengalami Penyakit Kronis tidak dapat disembuhkan lewat prosedur operasi biasa atau pengobatan jangka pendek.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan masyarakat dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi warga di Kampung Bumi Dipasena Jaya yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Dan dalam pelaksanaannya Prolanis ini dilakukan dengan peragaan senam. Dimana dalam senam ini menggunakan gerakan-gerakan yang tidak begitu sulit. Gerakan yang diperagakan pada senam ini mampu merefleksi bagian tubuh untuk dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kronis.

Tujuan diadakannya Senam Prolanis ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. Sasaran umum PROLANIS adalah seluruh warga Kampung Bumi Dipasena Jaya. Dan sasaran utama prolanis ini adalah masyarakat penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi).

Antusias Masyarakat Mengikuti Kegiatan Senam Sehat Prolanis.

Kegiatan senam ini diawali dengan pengenalan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Rawajitu Timur di awal tahun 2017 lalu.Senam Prolanis yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis pukul 09.00 Wid sampai dengan selesai yang dilaksanakan di Pendopo Kampung Bumi Dipasena Jaya yang dipandu oleh beberapa instruktur. Puskesmas Rawajitu Timur mengharap komitment peserta untuk terus hadir setiap minggunya, sehingga membantu mengurangi resiko terkena penyakit kronis. Tidak hanya untuk warga yang mengalami penyakit kronis saja yang boleh mengikuti kegiatan senam ini. Warga yang sehat bahkan remaja pun boleh mengikuti senam ini.

Tidak hanya dilakukan rutin setiap minggunya, Senam Prolanis yang dilakukan oleh masyarakat Bumi Dipasena Jaya yang mayoritas adalah ibu-ibu ini juga dilombakan di tingkat Kecamatan. Bahkan di tahun 2017 ini sudah dua kali diadakan lomba Senam Prolanis. Yakni pada saat menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun di bulan Agustus lalu dan pada rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah Lampung (P3UW) bulan September lalu.

Kontingen Senam Prolanis Bumi Dipasena Jaya Pada Lomba HUT RI dan HUT P3UW Lampung

Bahkan kegiatan senam prolanis yang diadakan 2 hari dalam seminggu ini tidak hanya sekedar langkah pencegahan penyakit kronis. Dengan adanya kegiatan ini, peserta yang datang saling mengenal satu sama lain bahkan tak dipungkiri banyak kegiatan lain yang muncul karena adanya perkumpulan ini. Seperti membuat kerajinan tangan berupa tas dari tali kur, cover kotak tisu dari manik manik dan juga kegiatan pembuatan makanan lokal. Harapannya kegiatan ini mampu menjadi sarana warga untuk menjadi lebih sehat dan disisi lain terjalinnya silaturahmi yang erat antar sesama warga Kampung Bumi Dipasena Jaya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan