Bupati Tulang Bawang Kumpulkan 147 Kepala Kampung, Ini yang Disampaikan

Pertemuan Kepala Kampung se Tulang Bawang dalam rangka mensukseskan Dashboard  Sideka Tulang Bawang | Foto : Nafian Faiz

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tulang Bawang, Inspektorat Tulang Bawang bersama dengan PT. Telkom menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) dalam Rangkaian agenda Pertemuan Kepala Kampung se Tulang Bawang dalam rangka mensukseskan Dashboard  Sideka Tulang Bawang. Kegiatan ini diikuti sebanyak  147 Kepala kampung yang berasal dari Kampung di seluruh penjuru Tulang Bawang. Kegiatan ini pun digelar atas inisiasi Bupati tulang Bawang Hj. Winarti, SH., MH.

“Penggunaan sistem tehologi infomasi adalah sebuah keharusan dan basis sistem tehnologi informasi itu adalah keterbukaan dan akuntabilitas. Ini penting untuk percepatan pembangunan disegala bidang untuk kesejateraan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, oleh karenanya Bupati menekan pentingnya seluruh Kepala Kampung serius mengikuti rangkain kegiatan hari ini “, kata Winarti dalam sambutannya di Gedung Tiuh Tohou, Senin (22/1).

Pemateri kegiatan sosialisasi Sideka Tulang Bawang | Foto : Nafian Faiz

Kegiatan ini diisi oleh beberapa pemateri diantaranya Dr. Pahada Hidayat dari Inspektorat Tulang Bawang, R. Endrayana Manajer dari Telkom Lampung serta Dana Putra Yuda dari Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang. Dalam arahannya di depan 147 peserta sosialisasi, Winarti juga menegaskan pentingnya sosialisasi ini untuk perangkat kampung, karena seringkali adanya data desa yang tidak akurat dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dapat terkendala atau bahkan mengalami permasalahan.

Peserta sosialisasi pun antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Dan memandang perlu penggunaan aplikasi Sideka yang telah dijelaskan oleh para pemateri. “Yang cukup kami acungi jempol adalah dimana aplikasi Sideka ini nantinya mampu mempermudah urusan administratif yang ada di kampung. Intinya operator dan atau perangkat kampung harus melakukan input data kependudukan dan keuangan terlebih dahulu. Nantinya akan dapat digunakan dalam banyak urusan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga terhubung dengan website milik kampung dengan domain desa.id yang telah difasilitasi oleh Diskominfo dan Relawan TIK dalam pengadaannya”, ungkap Nafian Faiz Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya.

Suasana kegiatan sosialisasi aplikasi Sideka di Gedung Tiuh Tohou | Foto : Nafian Faiz

“Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa dibilang aplikasi desa jaman now, dimana output yang didapat dari penggunaan aplikasi ini sangat bagus. Contohnya saja ketika melakukan input data kependudukan, maka setelah disimpan  data tersebut juga akan muncul secara otomatis di website desa dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat pengguna internet atau pihak lain yang ingin mengetahui tentang informasi desa”, tambah Vickyko Romana P. Operator TIK Kampung Bumi Dipasena Jaya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan