Bumkam Bumi Dipasena Jaya Kembangkan Unit Usaha Pembuatan Batako Pres dan Paving Block

Bumkam Bumi Dipasena Jaya kembangkan usaha di bidang pembuatan batako pres dan paving block | Foto : Vickyko R.P.

Usaha pembuatan cetak Batako pres dan Paving block termasuk salah satu usaha yang sangat berkembang karena seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk maka kebutuhan akan pembangunan ikut serta meningkat. Dengan adanya mesin maka akan sangat membantu bagi para pengusaha batako apabila mendapat orderan dalam jumlah besar, sebab mesin batako yang dioperasikan tergantung pemesanan ini bisa dioperasionalkan secara manual, semi otomatis maupun otomatis dengan menggunakan sistem press hidrolik serta memiliki kecepatan produksi yang bisa diandalkan. Di samping itu beberapa kelebihan dari batako yang dibuat dengan mesin pres adalah ukuran batako menjadi sama dan seragam serta presisi, lebih padat sebab menggunakan tekanan hidrolis yang tinggi saat pembuatan, tahan api dan tahan lama.

Hal tersebut membuat Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya Nafian Faiz memiliki pemikiran untuk mengembangkan Usaha yang dijalankan di Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam). Usaha yang dilakukan di Bumkam Bumi Dipasena Jaya sebelumnya adalah bidang budi daya udang putih vannamei dengan pola bagi hasil dan sewa alat pesta berupa panggug, tarub, meja kursi pesta dan alat prasmanan. Dimana hasil dari usaha tersebut sudah banyak dirasakan oleh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Jaya. Dan di tahun 2018 ini Nafian Faiz telah memutuskan untuk membuat unit usaha baru pada Bumkam yakni pembuatan batako pres dan paving block.

Batako hasil pres | Foto : Vickyko R.P.

Peluang usaha dari pembuatan batako pres dan paving block ini dirasa mampu menunjang Pendapatan Asli Kampung (PAK). Karena di wilayah Bumi Dipasena Jaya bahkan di Kecamatan Rawajitu Timur sendiri belum ada pembuat batako yang menggunakan mesin pres seperti yang dimiliki oleh Bumkam Bumi Dipasena Jaya. Nantinya hasil dari usaha tersebut akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM) yang penggunaannya adalah untuk kebutuhan masyarakat kampung.

Dengan menggunakan Dana Desa (DD) yang telah dianggarkan untuk modal Bumkam, Nafian Faiz bersama Kasi Kesejahteraan dan pengurus Bumkam Bumi Dipasena Jaya mengalokasikan dana tersebut untuk memulai usaha cetak batako tersebut. Mulai dari perencanaan, pembuatan tempat usaha, pembelian alat dan mesin, material dan seluruh kelengkapan telah disiapkan sejak akhir Desember 2017. Dan pada 2018 kini usaha pembuuatan batako pres dan paving block ini sudah mulai dijalankan.

Proses pengerjaan cetak batako pres di workshop Bumkam Bumi Dipasena Jaya | Foto : Vickyko R.P.

Bertempat di infra Kampung Bumi Dipasena Jaya tepatnya di belakang Sekretariat Kampung, kegiatan usaha cetak batako pres ini dilakukan. Dengan tiga pekerja, kegiatan pencetakan dikerjakan setiap hari dibantu oleh Sumanto Kasi Kesejahteraan yang bertugas melakukan pemesanan material berupa pasir dan semen.

“Pengembangan usaha ini tidak semata hitungan bisnis saja, tapi bagaimana Bumkam dapat membantu masyarakat dalam pengadaan batako yang relatif lebih murah, berkualitas, memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan tentu income bagi Bumkam itu sendiri. Yang akhirnya juga untuk kesejahteran masyarakat. Ibarat kata, peatah sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”, ungkap Nafian Faiz

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan