Bimtek Sideka Kecamatan Rawajitu Timur, Ini Pesan Pemateri Kepada Peserta

Pelatihan Sideka Kecamatan Rawajitu Timur | Foto : Vickyko R.P.

Rawajitu Timur – Pelatihan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) dilaksanakan di Kecamatan Rawajitu Timur, atas kerjasama panitia penyelenggara dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tulang Bawang dengan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK). Pelatihan ini digelar di aula Kantor Kecamatan Rawajitu Timur,Kamis (11/10/2018) pagi. Dengan diikuti peserta dari aparatur kampung di 8 Kampung yang juga dihadiri Camat Rawajitu Timur, Kapolsek Rawajitu dan Danramil Rawajitu kegiatan berlangsung interaktif.

Salah satu tujuan penting dari penerapan Sistem Informasi Desa dan Kawasan, adalah untuk mewujudkan keberadaan informasi data tentang desa secara akurat dan valid. Keakuratan informasi data desa, akan sangat membantu bukan hanya bagi pemerintah desa, juga bagi pemerintah daerah hingga pusat. Karena selama ini, seringkali data desa yang tidak akurat dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dapat terkendala atau bahkan mengalami permasalahan. Sehingga Pemerintah Kecamatan Rawajiti Timur menyelenggarakan acara ini untuk dapat menanggulangi masalah tersebut.

Dana Putra Yudha sampaikan materi pada peserta bimtek | Foto : Vickyko R.P.

Dana Putra Yudha selaku pemateri kegiatan ini mengatakan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini semua pihak dapat ikut berperan dalam mendorong kampung di Kecamatan Rawajitu Timur agar semakin ‘melek’ teknologi, agar kreativitas dan inovasi kampung makin maju dalam mensejahterakan masyarakat. “Karenanya, setelah pelatihan SIDeKa ini, kami harapkan agar peserta pelatihan dapat mengimplementasikan di kampungnya masing-masing, baik untuk menerapkan SIDeKa, maupun dalam memperbaiki informasi dan data kampung agar lebih akurat, valid dan dapat dipertanggung jawabkan,“ harapnya.

Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya, Nafian Faiz yang turut hadir juga menambahkan bahwa kegiatan ini penting untuk peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan kampungnya. Ia juga berharap apa yang disampaikan oleh pemateri mampu diserap dan diterapkan. “Walaupun kita berada di wilayah paling ujung di Kabupaten Tulang Bawang, tapi saya harap aparatur kampungnya bisa kembangkan teknologi untuk kemajuan kampung,” pungkasnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan