36 Siswa SD Beradu Kecerdasan pada OSN Tingkat Kecamatan Rawajitu Timur

OSN Sekolah Dasar di Kecamatan Rawajitu Timur sebagai ajang adu kecerdasan siswa

Salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional dalam bidang pendidikan salah satunya adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin, secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal. Misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan national yang demokratis dan bermutu, guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk itu, Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah memfasilitasi kegiatan kegiatan yang mengarah pada kreativitas siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu dengan lomba-lomba baik yang berskala nasional seperti Olimpiade Sains Nasional maupun tingkat international. Dalam hal ini tenaga pendidik Sekolah Dasar di wilayah Rawajitu Timur juga memfasilitasi siswanya untuk mengais prestasi pada ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat Kecamatan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada pelajaran Matematika dan IPA tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Rawajitu Timur, berlangsung di SDN 01 Bumi Dipasena Jaya.  Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar di SDN Bumi Dipasena Jaya Rabu ini merupakan ajang seleksi siswa SD se-Kecamatan Rawajitu Timur untuk mengikuti Olimpiade Sains tingkat Kabupaten nantinya.

Suasana kelas pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Kecamatan Rawajitu Timur| Foto : Vickyko R.P.

Sebanyak 18 peserta ikuti bidang pelajaran Ilmu Matematika, dan 18 Peserta untuk bidang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa SD se-Kecamatan Rawajitu Timur, beradu kecerdasan pagi tadi. Peserta datang ke tempat penyelenggaraan OSN tingkat Kecamatan Rawajitu Timur dengan didampingi oleh guru pendamping dan Kepasa Sekolah masing masing perwakilan.

Suratinah, S.Pd. selaku Kepala SDN 01 Bumi Dipasena Jaya mengatakan lomba ini untuk menjaring bibit unggul dan berprestasi. “Dari 9 SD yang ada di Rawajitu Timur, semua mengirimkan perwakilannya, dan mereka antusias mengikuti lomba ini untuk saling adu kecerdasan,” ujarnya di ruang guru, Rabu (07/03). Harapannya pada olimpiade ini siswa dapat meningkatkan kreatifitas dan dapat mengembangkan kemampuan akademis dalam proses pembelajaran.

Peserta yang menjadi juara pada bidang pelajaran Matematika | Foto : Sunariyo

Setelah seesai mengerjakan soal yang diberikan oleh tim guru, hasil pekerjaan para peserta langsung dikoreksi dan ditentukan juara berdasarkan nilai tertinggi. Keluar sebagai juara I (satu) olimpiade bidang pelajaran Matematika yaitu Deki Kurniawani, dari SDN 01 Bumi Dipasena Abadi, disusul Isna Amalia P. juara II (dua) yang juga dari SDN 01 Bumi Dipasena Abadi, dan M. Sahli, juara III (tiga) Siswa dari SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera.

Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Intan Laili A. keluar sebagai juara I (satu), siswi dari SDN 01 Bumi Dipasena Abadi, disusul Ibrahim Ibnu I. juara II (dua), siswa dari SDN 01 Bumi Dipasena jaya, dan M. Tofic Juara III (tiga), siswa dari SD 01 Bumi Dipasena Mulya.

Peserta yang menjadi juara pada bidang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam | Foto : Sunariyo

Masing-masing juara dalam Olimpiade Sains Matematika dan IPA Nasional, baik juara 1, 2, dan 3 diberi sebuah Piala sebagai penghargaan atas prestasi yang didapat. Selain itu, Siswa yang berhasil menjuarai lomba kali ini, berhak mewakili Kecamatan Rawajitu Timur ditingkat Kabupaten nantinya.

 

 

VRP

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan